11.600 UMKM Perlu Sentuhan Program Penguatan

Pendaratan ikan di Pelabuhan Perikanan Pasuruan. foto:widikamidi

Jawa Timur memiliki UMKM produsen olahan ikan tak kurang dari 11.600 buah. Jumlah yang besar tersebut tidak semuanya siap menghadapi persaingan di era MEA yang efektif berlaku Desember 2015 mendatang. Untuk itu Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus berupaya memperkuat sektor UMKM dengan bermacam jurus.

Penguatan sektor UMKM produk olahan ikan, seperti yang dikatakan Kepala Dinas Perikanan Jawa Timur, Heru Tjahjono, menyasar di semua lini. Pelaku perorangan maupun kelompok. Mulai pembuat bakso ikan hingga bandeng asap. Mulai krupuk ikan hingga dendeng ikan.

Untuk memastikan program penguatan itu, kata Heru, dirinya sedang bekerja keras menyiapkan akurasi data terkait pelaku UMKM produsen olahan ikan. Jumlah pastinya harus terdata. Termasuk produk olahannya apa. Bahan bakunya dari apa. Berapa jumlah produksinya, dan proses pemasarannya bagaimana.

Terkait akurasi data itu, data dengan klasifikasi by name dan by address adalah target utama. Sembari menunggu proses akurasi ini selesai, berbagai produk makanan olahan ikan yang  diproduksi UMKM tidak ada salahnya dikenalkan kepada publik.

2 Komentar Pembaca

  1. salam kenal,
    mohon ijin bertanya, apakah data UKM pengolahan ikan tersebut sudah bisa diakses ?

    terima kasih

    • untuk lebih jelasnya bisa langsung ke Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur .

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim