Jawa Timur Tim Pengendali Inflasi Daerah Terbaik 2015

Gubernur Soekarwo menerima penghargaan dari Presiden RI. foto:istimewa

Provinsi Jawa Timur memperoleh penghargaan tingkat nasional lagi. Kali ini, penghargaan yang diterima adalah penghargaan Tim Pengendali Inflasi Daerah Terbaik 2015.

Jawa Timur sepertinya mendominasi perolehan penghargaan tahun 2015 ini. Terhitung, dari sembilan penghargaan yang ada,  Provinsi yang dipimpin Gubernur Soekarwo ini, memperoleh tiga penghargaan.

Sementara, di tingkat kabupaten/kota di Jawa Timur, terkait penghargaan Tim Pengendali Inflasi Daerah Terbaik 2015 ini, Kabupaten Jember dan Kabupaten Malang turut menikmati menjadi yang terbaik.

Penghargaan bergengsi tersebut diberikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di Hotel Grand Sahid Jakarta, Rabu (27/5).

Penghargaan yang diterima Jawa Timur adalah  untuk kategori kegiatan pengendalian inflasi daerah dengan andalan programnya subsidi ongkos angkut bahan-bahan pokok.

Untuk wilayah Sumatera, Provinsi Sumatera Utara juga memperoleh terbaik. Kategori terbaik tingkat kabupaten/kota diraih kota Medan. Kategori berprestasi diraih Kota Tebingtinggi dan wilayah Timur Indonesia Nusa Tenggara Timur memperoleh terbaik.

Gubernur Soekarwo menjelaskan, penghargaan ini tidak terlepas dari beberapa jurus jitu dalam mengendalikan inflasi di Jawa Timur. Jurus tersebut masing-masing menyimpan lima langkah strategi.

Subsidi ongkos angkut ini,  menurut Gubernur Soekarwo, saat ini menjadi perhatian khusus Presiden Joko Widodo. Lanjut Gubernur, kenaikan inflasi di Jawa Timur pada tahun 2014 sebesar 0,39%. Ini disebabkan karena kenaikan ongkos kereta api mencapai 33% dan kenaikan harga elpiji ukuran 12 kg. Apabila tidak ada kenaikan tersebut maka inflasi di Jatim sebesar 0,2%.

Ongkos kereta api dan harga elpiji yang 12 kg yang naik memberi kontribusi inflasi sebesar 0,19%. Oleh karenanya kepada pemerintah pusat apabila akan terjadi kenaikan harga harus dihitung betul untuk menekan inflasi di daerah. widi

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2017. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim