Industri Pengolahan Bertambah Biji Kakao Jadi Rebutan

Ilustrasi:btcocoa.com

Pemerintah Kejar Target Produksi 1 Juta Ton Per Tahun

Pemerintah menargetkan produksi kakao nasional tahun 2015 mencapai 1 juta ton per tahun.

Dengan optimisme seperti ini pemerintah kudu melakukan beberapa langkah strategis yang mampu menyuport pertumbuhan produksi biji kakao agar bisa mencapai 1 juta ton pada 2015-2016.

Jika capaian target produksi biji kakao itu itu berhasil maka akan menempatkan Indonesia sebagai negara produsen kakao terbesar ketiga di dunia.

Langkah-langkah strategis yang kudu ada itu diantaranya membuat gerakan nasional peningkatan produksi dan mutu kakao. Mengoptimalkan seluruh pihak terkait dan sumber daya. Meningkatkan pendapatan petani sebagai implikasi dari peningkatan produktivitas tanaman kakao.

Langkah strategis lain, meningkatan luas lahan tanaman kakao sehingga bisa berdampak signifikan terhadap kapasitas produksi kakao. Hingga saat ini, data luas lahan tanaman kakao di Indonesia baru mencapai 1.732.641 hektar.

Sementara itu, di luar target milik pemerintah, terjadi persaingan cukup sengit di ranah industri dalam mendapatkan bahan baku biji kakao. Jumlah perusahaan kakao saat ini sejumlah 16 buah pada 2015.

Persaingan sengit itu terjadi karena investasi industri pengolahan kakao juga makin bertambah. Yang bakal terjadi adalah, produsen yang tidak kreatif dan tidak melakukan pendekatan kepada petani bakal tidak kebagian bahan baku.

Seperti dilansir btcocoa.com, Ketua Umum Dewan Kakao Indonesia, Soetanto Abdoellah, saat berada di Surabaya, Jawa Timur, mengatakan, produsen kakao/cokelat harus bisa membangun loyalitas petani. Hal itu bisa dilakukan dengan melakukan pendekatan sosial-kemasyarakatan.

Mereka tidak bisa lagi hanya menunggu di kantor, lalu berharap bisa mendapat biji kakao dari petani. Mereka harus berupaya turun langsung ke lapangan dan mendengarkan persoalan petani dan memberikan solusi sekaligus edukasi.

Cara yang bisa dilakukan, misalnya, mengajar petani cara memilih bibit kakao yang baik, cara melakukan teknik peremajaan, dan cara merawat tanaman kakao.

Produsen kakao juga bisa mengajarkan cara melakukan tahap pasca panen, memilah kualitas kakao, memilih biji kakao yang baik, serta cara melakukan fermentasi dan cara menjaga kualitas biji kakao agar bisa tahan disimpan lebih lama.

Memang butuh upaya ekstra, tapi itu harus dilakukan kalau industri mau mendapat pasokan bahan baku biji kakao dari petani berikut harga beli yang juga harus kompetitif.

Soetanto mengatakan, jaminan pasokan bahan baku bagi industri pengolahan kakao ataupun industri cokelat sangat penting agar mereka bisa terus berproduksi.

Biji kakao yang baik umumnya bisa tahan disimpan selama enam bulan, dengan kadar air 7.5% sampai 8%. Pemilihan gudang harus baik dan tidak bercampur dengan komoditas lain yang aromanya menyengat seperti komoditas cengkeh. Gudang harus bersih. idi

12 Komentar Pembaca

  1. Ass… mau tanya nama perusahaan yg membutuhkan pasokan cocoa beserta alamat dan no hp yg bisa sy hubungi terus berapa harga cacaonya sekarang ? Bls

    • waalaikum salam.
      saya Didi, salam kenal.
      anda tinggal dimana bos?
      ini nmr hp saya 085786824161

    • ibu punya limbah coklatnya?

  2. Selamat berjumpa, saya minta info, jika petani klp saya memasukkan produk biji coklta HASIL FERMENTASI dg kriteria: isi 90- 115/100gr, KA 10-12%, jamur Max 3%, kotoran max 1%, saya harus menghubungi siapa? berapa minimal pengiriman & bagaimana sistem pembayarannya? tlg dijawab via email atau HP 083848183116, demikian terimakasih.

  3. apakah ibu punya limbah coklatnya?

  4. apakah ada yg punya kulit ari coklat, untuk dijadikan bahan baku pakan ternak,? jika ada hub 081213788511

  5. Ada yg pengepul atau petani biji kakao…..
    Hub. 085706897574

  6. Buat yg mw jual biji kakao kering bsa sy bantu untuk menjualkan ke gudang exportir silahkan hubungi

    085855539980

    • Siap,, ini ada panenan biji coklat,, kalo boleh tahu per kg nya berani berapa?

  7. Jual biji coklat / kakao cp. 085234019031 yang mau membeli silahkan hub. Nomor diatas harga cocok bisa jadian..

  8. Kalau ada yang butuh biji kakao di areal jember dan sekitarnya bisa hubungi saya
    Wa/call 085286388788

  9. Saya bekerja di tempat penggilingan dan pengolahan biji coklat, bila ada sodara” yg mau menjual biji coklat atau kulit Ari(Shell) saya siap bantu….
    Hubungi saya di no. 081.214.990.153

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2020. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim