4.000 UMKM Sudah Menang Bertarung di Pasar Internasional

Musrenbang Jatim 2015. foto:widi antoro

Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo, M.Hum., mengatakan,  di dalam RPJMD Jawa Timur terdapat muatan misi utama untuk menyelaraskan dan menyukseskan program RPJMN yang diberi nama Trisakti dan Nawacita.

Kata Gubernur, dalam arena Musrenbang 2015 di Bollroom Grand City Surabaya, Selasa (14/4) yang dihadiri tak kurang dari 2500 pemangku kepentingan di Jawa Timur, misi utama RPJMD Jawa Timur adalah peningkatkan kesejahteraan rakyat yang berkeadilan dan meningkatkan pembangunan ekonomi yang inklusif, mandiri, berdaya saing, berbasis agrobisnis dan agroindustri.

Misi lainnya, adalah meningkatkan pembangunan yang berkelanjutan dan penataan ruang serta meningkatkan reformasi birokrasi dan pelayanan publik sekaligus meningkatkan kualitas kesalehan sosial dan harmoni sosial.

Untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat yang berkeadilan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus mengupayakan pengentasan kemiskinan melalui “Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera” alias Jalin Matra.

“Program ini mendorong ketahanan sosial dengan memberdayakan ekonomi kepala rumah tangga perempuan untuk memenuhi kebutuhan hidup dasar. Tahun 2014 telah dilaksanakan pilot projek bagi 3.309 kepala rumah tangga. Ditargetkan pada tahun ini diberikan bantuan kepada 14.655 kepala rumah tangga perempuan yang tersebar di 147 desa,” kata Soekarwo.

Saat ini, di Jawa Timur memiliki jumlah UMKM kurang lebih 6,8 juta adalah skala mikro. Dari jumlah tersebut sebanyak 4.000 UMKM sudah bertarung di pasar internasional dan sudah di ekspor. Ini sudah tarung di internasional dan menang.

Sementara itu ada sebanyak 700 UMKM yang disiapkan dan dilatih serta dimasukkan dalam inkubator. Jawa Timur juga masih menyiapkan lagi sekitar 1.700 UMKM lagi  yang di persiapkan untuk bertarung. idi

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim