Rakor KISS Perencanaan Pembangunan Daerah Jawa Timur

Kepala Bappeda Jatim Dr. Ir. H. RB Fattah Jasin membuka Rakor KISS dan memperkenalkan "Kabinet Kerja Bappeda" yang terdiri dari masing-masing kepala bidang kepada peserta Rakor. foto:widi antoro

Bappeda Provinsi Jawa Timur menggelar Rapat Koordinasi, Integrasi, Sinkronisasi, dan Sinergitas (KISS) Perencanaan Pembangunan Daerah Jawa Timur di Gedung Bappeda Jatim Jalan Pahlawan 102-108, Surabaya, Rabu (25/2). Rakor diikuti 400 perserta dari seluruh SKPD di Jatim dan perwakilan seluruh Bappeda dari Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Membuka Rakor KISS Perencanaan Pembangunan Daerah Jawa Timur Kepala Bappeda Provinsi Jawa Timur, Dr. Ir. H. RB Fattah Jasin, M.S., mengatakan, mengingat terpilihnya pemimpin baru di negeri ini maka banyak hal-hal baru yang lahir. Termasuk di dalamnya adalah Undang-Undang yang menjadi produk pemerintahan baru. Untuk itu rapat koordinasi seperti ini sangat penting dilakukan untuk menyikapi hal-hal yang baru tersebut.

“Rakor seperti ini, juga memungkinkan perangkat pemerintah seperti kita untuk melakukan banyak hal sesuai dengan peraturan dan undang-undang. Tidak sak karepe dewe meski sudah berada dalam suasana otonomi daerah. Jadi integrasi, sinkronisasi, dan sinergitas perencanaan pembangunan tetaplah harus sejalan antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah daerah di masing-masing Kabupaten/Kota,” ujar Fattah Jasin.

Menurut Fattah, Rakor KISS ini juga menjadi awalan untuk melakukan Musrenbang Jawa Timur 2016 yang akan dilangsungkan pada sekitar bulan Maret 2015 mendatang. Dokumen-dokumen perencanaan bisa dibuka dan dibahas dalam Rakor ini agar dalam Musrenbang yang digelar akan datang adalah program perencanaan yang sudah matang.

Rakor KISS tersebut dibagi dalam dua sesi, pertama adalah paparan Kepala Bappeda Jatim terkait dengan isu strategis perencanaan pembangunan daerah Jawa Timur. Sedangkan sesi kedua adalah pelatihan input data program perencanaan dari masing-masing daerah dan SKPD Jatim ke dalam sistem aplikasi komputer. (widi)

Komentar Pembaca

  1. Bisa diberikan penjelasan lebih detail lagi tidak apa saja perencaanaan untuk pembangunan daerah Jatim ini?

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2017. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim