Jawa Timur Lelang Jabatan untuk 13 Pejabat Eselon II

Lelang jabatan. Ilustrasi:jurnalbandung.com

Jawa Timur terus berbenah. Itu sudah pasti! Termasuk berbenah dalam hal penempatan pejabat di lingkungan pemerintahan.

Terkait dengan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (UU ASN), Pemerintah Provinsi Jawa Timur, tahun ini, melakukan terobosan dengan melelang jabatan yang kosong. Penerapan lelang jabatan terbuka ini diberlakukan untuk pejabat eselon II.

Tahun 2015 ini, terdapat 13 pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang memasuki masa purna tugas. Sebagai penggantinya, pejabat baru tersebut tidak harus dari kalangan pegawai negeri sipil.

Jabatan eselon II yang bakal dilelang di antaranya untuk menggantikan Kepala Dinas Kehutanan Gatot Soebektiono, Kepala Biro Umum Riang Sudarmanto, Kepala Disperindag Warno Harisasono, Kepala Dinas Kominfo Harjogi, Asisten III Ashyar, Kepala Dinas Pendidikan Harun, Kepala Biro Administrasi Kesejahteraan Rakyat Ratnadi Ismaoen, Kepala Disnakertransduk Edi Purwinarto, Direktur RSU dr Soetomo Dodo Anondo, Direktur RS Saiful Anwar Malang dr Budi Rahaju dan beberapa Kepala Bakorwil di Jawa Timur.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, H Akhmad Sukardi, mengatakan, pendaftaran lelang jabatan sesuai UU ASN itu tidak hanya untuk PNS saja tapi juga masyarakat sipil non-PNS. Jadi, siapa saja yang merasa layak dan sesuai dengan kriteria persyaratan bisa mendaftar untuk menduduki pejabat eselon II.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur, Drs Syaifulah Yusuf , mengatakan, mekanisme lelang jabatan itu akan ditentukan dan dilaksanakan oleh tim panitia seleksi yang di dalamnya terdapat 45% dari unsur dari pemerintah dan 55% lainnya dari luar pemerintah.

Tim panitia seleksi berjumlah lima orang tersebut akan menjalankan tugasnya secara independen dan menggandeng tim assesment center. Lelang terbuka itu akan dimulai dengan persiapan seleksi administrasi untuk pejabat eselon II oleh tim Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan.

Setelah lolos dari seleksi administrasi, baru diseleksi lagi oleh tim panitia seleksi secara independen. Untuk tahapannya dilakukan melalui ujian tertulis hingga proses psikotes.

10 Komentar Pembaca

  1. Maaf mau tanya apakah pns dari luar provinsi boleh daftar, caranya bagaimana ? Terima kasih

  2. Suatu terobosan yang luar biasa, semoga fit and proper test ini bisa berhasil dengan baik. Mohon informasi persyaratan dan tatacara pendaftarannya ?

  3. Boleh tidak kalau diluar propinsi jatim yg daftar

  4. Lelang jabatan adalah perisai utama untuk mengatasi kecemburuan sosial dan memberi nuansa yang baik serta harapan bagi masyarakat yg ingin membenahi system birokrasi secara absolut,

  5. Bukan lelang Jabatan tapi Promosi terbuka , nanti dikira mau beli aset daerah

  6. pada prinsipnya lelang jabatan sangat baik asalkan dengan tujuan mencari calon yang mumpuni dan kridible, sehingga nantinya bisa menghasilkan pejabat yng berkinerja tinggi, cuman kalau bisa persyaratannya jangan muluk muluk seperti lelang pengadaan barang aja, untuk persyaratan administrasi tidak perlu terlalu ketat. Karena kalau terlalu ketat tidak akan menghasilkan pejabat yang berkinerja baik. Misalkan dipersyaratkan harus lulus Diklat Pim 2 , krn persyaratannya seperti tsb maka banyak peserta yang mumpuni dan kridibl tdk bis ikut seleksi , mengingat tidak punya ijasah pim 2, padahal untuk ikut diklat pim 2 syyyarat dengan KKN, mengingat untuk ikut tes diklat pim 2 nunggu di panggil BKD BKD, nah kalau tidak dipanggil kan tidak bis ikut seleksib seharusnya untuk bisa ikut tes diklat pim 2 bukan berdasarkan pemanggilan tapi diumumkan secara luas kepada masyarakat, barulah diseleksi, dari hasil seleksi yang lolos barulah dipanggil untuk ikut diklat. sementara ini yang terjadi adalah untuk bisa ikut tes seleksi diklat ditentukan oleh BKD (bukan berdasarkan pengumuman). krn itu banyak pegawai yang memenuhi syarat tidak bisa ikut tes seleksi mengikuti diklat pim 2. kondisi ini sangat memprihatinkan. krn itu sdh seharusnya untuk ikut seleksi jabatan eselon 2 tdk perlu mencantumkan sertifikat pim 2 krn bisa duduk dulu baru didik, dengan demikian bisa mendapat kan pejabat yang berkinerja tinggi mengingat yang bersertifikat diklat pim 2 belum tentu berkinerja tinggi dan belum tentu latar belakang pendidikannnya sesuai dengan yang dipersyaratkan, wassalam

    • saya sangat setuju sekali dengan pendapat bapak….. salam hormat dari papua

  7. Apakah pejabat eselo II Yg sme tara me duduki kabatan harus ikut lelang jabatan kembali ?

  8. Ass.Wr.Wb. Yth. Admin. Mohon informasi mengenai seleksi CPNS 2015, apakah instansi ini membuka seleksi CPNS 2015? Saya membaca beberapa media disebutkan bahwa tahun ini rekrutmen CPNS ditiadakan. Apakah ini berlaku secara nasional atau setiap instansi memiliki kewenangan sendiri untuk melakukan seleksi? Atas informasi yang diberikan saya ucapkan banyak terima kasih. http://infokepegawaian.blogspot.com/2015/06/test-cpns-2015-ditiadakan.html

  9. Suatu terobosan yang luar biasa, semoga fit and proper test ini bisa berhasil dengan baik. Mohon informasi persyaratan dan tatacara pendaftarannya ?

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim