Konsep Matang, Rel Ganda Surabaya-Solo Dibangun Tahun Ini

Kepala Bappeda Jatim, Dr. Ir. RB Fattah Jasin, M.S. foto:widi antoro

Jalur Ganda Sepanjang 400 Kilometer. Surabaya-Solo Rute Wonokromo, Mojokerto, Madiun, dan Paron

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Timur, Dr. Ir. RB Fattah Jasin, M.S. mengatakan, pembangunan jalur rel ganda kereta api yang menghubungkan Surabaya dengan Solo akan selesai Tahun 2018. Bahkan mungkin akan lebih cepat dari estimasi semula sekitar lima tahun.

Kondisi ini, kata Fattah Jasin, dipengaruhi oleh kesiapan dan konsep yang sudah matang untuk pembangunan jalur kereta api itu yang akan dibangun mulai tahun ini.

Jalur ganda sepanjang 400 kilometer itu rencananya menghubungkan Surabaya hingga Solo melalui rute Wonokromo, Mojokerto, Madiun, dan Paron.

“Kami menilai konsep dari pembangunan jalur ganda itu dianggap sudah cukup matang, termasuk studi kelayakan dari pembangunan sehingga hanya memakan waktu tidak lebih dari tiga tahun,” ungkapnya di Gedung Grahadi.

Terkait anggaran yang akan dikeluarkan, Fattah Jasin menjelaskan, total yang dikeluarkan sekitar dari Rp 6 triliun. Pembiayaan merupakan anggaran yang berasal dari pusat atau APBN tahun 2015.

Dengan pembangunan jalur ganda terbut, tambahnya, diharapkan semakin mempermudah akses masyarakat Jawa Timur menuju ke luar provinsi dan sebaliknya, terutama saat musim arus mudik dan balik. (*/idi)

Komentar Pembaca

  1. Dengan adanya jalur double track,kecelakaan lalu lintas akan berkurang setiap tahunnya..

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2018. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim