Impian Indonesia Jadi Pengekspor Sapi Itu pun Datang

Model berpose di dekat sapi-sapi yang diharapkan jadi indukan. foto:istimewa

Dari Kunjungan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla ke Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB), Singosari, Kabupaten Malang

Ada gembira yang menyeruak dari kunjungan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla ke Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB), Singosari, Kabupaten Malang, Minggu (7/12).

Menurut Wakil Presiden, dari Malang Jawa Timur ini, dengan infrastruktur seperti yang dimiliki BBIB, maka Indonesia akan mampu menjadi negara pengekspor sapi pada dua atau empat tahun mendatang.

Artinya, selain swasembada daging sapi, Indonesia juga mampu melakukan ekspor sapi. Suatu hal yang selama ini sangat tidak mungkin dilakukan negeri ini ketika Indonesia sudah sangat tergantung dengan impor sapi dari pertenakan-peternakan di Australia.

Dalam kunjungan tersebut Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Menko Perekonomian, Sofyan Djalil, Menteri Pertanian, Amran Sulaiman dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf.

Kalla juga menegaskan, Pemerintah akan menambah populasi sapi sebanyak satu sampai dua juta ekor sapi untuk bisa swasembada. Sebab itu proses penanangan semen beku sapi di laboratorium BBIB Singosari harus diupayakan lebih besar. Pengembangan inseminasi buatan indukan sapi yang berkualitas juga harus dilakukan.

Diketahui, saat ini BBIB Singosari dan Balai Inseminasi Buatan di Jawa Barat memiliki stock semen beku sebanyak 8.205.213 dosis mani beku, cukup untuk inseminasi buatan sebanyak 6.153.910 ekor betina atau 75% dari jumlah dosis semen tersedia.

Oleh karena itu Indonesia dapat memenuhi kebutuhan nasional dan dengan demikian dapat mengurangi angka impor daging sapi. Selain diharapkan mampu meraih cita-cita swasembada daging sapi, BBIB Singosari juga memiliki potensi besar dalam mendukung swasembada pangan. (widi kamidi)

Komentar Pembaca

  1. Trimah kasih Atas peran yg diemban o/ BBIB Singosari, smg tercapai Visinya, Guna Menuju Indonesia yg Lebih Makmur

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim