Hortikultura Eksklusif dari Jatim Andalan MEA 2015

ilustrasi. foto:ist

Jawa Timur memiliki varietas tanaman pangan hortikultura dengan kategori eksklusif. Saking eksklusifnya tanaman hortikultura ini bahkan tidak dimiliki negara lain di dunia.

Untuk itu Pemerintah Provinsi Jawa Timur bertekad menjadikan produk-produk hortikultura tersebut sebagai andalan diberlakukannya pasar bebas ASEAN atau Masyakarat Ekonomi ASEAN 2015.

Saat ini, produk-produk tersebut, sudah siap dan mampu bersaing dengan produk dari luar negeri. Varietas tanaman hortikultura yang istimewa itu seperti salak, dan manggis. Demikian dikatakan Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Jatim, Hadi Prasetyo, di gebyar Good Agriculture Practice dan Produk Tanaman Pangan dan Hortikultura Jatim di Dome Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Rabu (29/10).

Hasil pertanian masyarakat Jatim telah memenuhi kualitas ekspor. Banyak komoditas pangan yang sebenarnya layak di perdagangan ke luar Jawa atau ekspor. Varietas tanaman hortikultura yang eksklusif harus dipertahankan dan diupayakan ke depan menjadi heritage Jawa Timur. Apalagi, dari sisi geoekonomi dan geososial, pada tahun 2030 hingga 2040 nanti, dunia akan mengalami subkrisis dan dunia sangat menggantungkan pangannya dari Indonesia .

Setelah mengandalkan produk-produk pertanian pada MEA, baru selanjutnya masuk pada strategi pengolahan dan pada akhirnya mencapai teknologi tinggi. Dengan tahapan-tahapan dan komoditas yang ada saat ini dan terus dikembangkan, Pemerintah Provinsi Jatim akan menguasai pasar dan warga Jatim tidak akan kekurangan pekerjaan.

Saat ini, Jatim sudah melayani kebutuhan untuk warga Indonesia Timur. Bahkan sudah 26 provinsi mengandalkan pasokan bahan pangan dari Jatim. Kondisi ini akan terus berkembang serta meluas, karena itu penduduk Jatim tidak akan kekurangan pekerjaan kalau mau menerjuni dan menekuni dunia hortikultura. (*/idi)

Komentar Pembaca

  1. Kasian nasip petani kalau tdk di lindungi,

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2020. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim