Pemerintahan Baru Harus Dorong Pengembangan Sektor Maritim

Nelayan Perigi di Trenggalek memanen hasil laut. foto:widi

Pemerintahan baru, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden JK harus didorong lebih memperkuat  pengembangan ekonomi  ke sektor maritim.

Dukungan program dan  pendanaan  secara besar-besaran diharapkan bisa memacu pertumbuhan  ekonomi dari sektor kelautan dan perikanan yang selama ini termarjinalkan.

Padahal kontribusi sektor kelautan bisa diakselerasi sampai enam kali dari total APBN yang sudah menembus Rp2000 triliun. Ini bisa dicapai apabila porsi anggaran kemaritiman dioptimalkan secara maksimal.

Sejak merdeka hingga era reformasi, sektor maritim  yang mempunyai potensi besar dalam pengembangan ekonomi belum terjamah dalam program pembangunan secara optimal.  Meski telah ada Kementerian Kelautan dan Perikanan,  dukungan anggaran  yang diberikan masih relatif kecil.

Porsi anggaran  belum menghitung  potensi kelautan yang harus digali,  tetapi masih terpaku pada pembangunan infrastruktur di darat  baik jalan tol, bendungan, maupun irigasi.

Padahal, negara-negara besar seperti Amerika Serikat  dan Tiongkok  membuat inisiatif  dengan mengembangkan  armada yang kuat untuk mengamankan kepentingan atas lautnya.

Potensi maritim Indonesia sangat besar.  Indonesia akan menjadi negara besar jika mengubah paradigma pembangunan ke arah maritim. (*/widi kamidi)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2018. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim