Janggelan Ponorogo Kandungan Seratnya No 2 di Dunia

Tumbuhan janggelan usai panen dan dikeringkan. foto:widikamidi

Di saat cuaca panas menyerbu kepala, minuman dingin jadi pilihan yang tak terelakkan. Jika panasnya menyengat seperti Kota Surabaya, pilihan es chao adalah yang paling pupuler.

Sebagian lagi menyebutnya es cincau. Meski hanya diaduk dengan sirup, kenikmatannya seketika mampu melegakan tenggorokan dan mendinginkan kepala.

Warnanya hitam-hitam. Mengapung dalam gelas atau mangkuk. Kadang dipotong kotak-kotak besar atau kecil-kecil sesuai selera. Ada pula yang lebih berselera dengan diserut panjang-panjang menyerupai ikan teri.

Chao, cincau, atau apalah nama sebutan lainnya sebenarnya adalah proses siap saji dari jangelan. Asalnya dari tanaman janggelan. Tumbuhnya menyerupai rerumputan yang batangnya menjulur panjang memanjang.

Tak banyak orang tahu tentang tanaman jangelan. Tapi bagi orang desa yang tinggal di pegunungan, tanaman janggelan pasti sangat akrab. Mungkin juga menjadi komoditas sehari-hari yang diupayakan dengan ditanam, dipetik, dikeringkan, kemudian dijual kering dengan harga dua belas ribu rupiah per kilogram.

Di Jawa Timur, seperti diungkapkan Gubernur Soekarwo dalam suatu kesempatan, jenis janggelan paling bagus hanya terdapat di Kabupaten Ponorogo. Utamanya yang berada di wilayah Kecamatan Ngrayun. Menurut banyak studi, kandungan serat yang terdapat di jangelan dari Ngrayun adalah terbaik nomer dua di dunia dan memiliki kualifikasi ekspor ke mancanegara.

Tidak ingin seperti pepatah ayam mati di lumbung padi, Lusia Widiarini, 43 tahun, warga Dukuh Puthuk, RT 1 RW 5 Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Ponorogo pun bergerak melakukan serangkaian pemberdayaan untuk warga setempat. Menghimpun mereka menjadi kelompok. Menjadikan janggelan tidak hanya sekadar dikeringkan kemudian dijual ke tengkulak, dan oleh tengkulak dioper lagi lalu ditampung di gudang-gudang milik China.

Maka berdirilah kelompok Argomulyo, dan Lusi nama cekak dari Lusia Widiarini, menjadi ketua kelompoknya. Bekerjasama dengan para petani janggelan, kelompok inipun kemudian memroduksi minuman janggelan. Meski masih dalam taraf ujicoba, minuman janggelan ini mendapat sambutan luas saat diundang pameran produk UMKM di Bali.

Memproduksi minuman sari janggelan secara sederhana tapi higienis. foto:widikamidi

Seperti termotivasi, kelompok Argomulyo yang beranggotakan 15 orang tersebut memutuskan untuk berproduksi secara profesional. Berikutnya berbagai pelatihan pun diikuti. Mulai dari mengolah, packaging, pemasaran hingga manajemen. Produksi awal di tahun 2012 dan hingga masih bertahan dengan keterbatasan.

“Secara produk, janggelan ini sudah bagus. Pasar juga sudah mampu menyerap dalam jumlah cukup. Beberapa kota besar juga sudah melakukan order tanpa henti. Sayangnya kita terkendala teknologi. Yang kita gunakan saat ini masih semimanual. Padahal dengan potensi seperti ini kita butuh mesin otomatis yang kapasitasnya mampu berproduksi 3.000 cup satu jam. Kita juga membutuhkan mesin pasturisasi dalam kapasitas cukup,” ungkap Lusi.

Lusi berharap ada bantuan soal teknologi juga modal murah untuk membeli mesin. Sebab janggelan ini tentu tidak hanya bisa diproses menjadi minuman segar tetapi juga berbagai bentuk turunan produknya. Bisa menjadi teh, jel, atau bentuk lainnya. Lebih penting dari semua itu adalah packaging produk. Lusi bercita-cita, meski minuman segar sari janggelan ini diproduksi di atas gunung namun higinisnya berikit packaging produknya memiliki standar nasional. (widi kamidi)

95 Komentar Pembaca

  1. bisa minta info pengepul yang jual janggelan ga?, mau bikin usaha di luar jawa. mkasih

    • saya pengepul janggelan mas kalau minat hubungi hp081235812701

    • ada nomer hp nya mas

  2. kami menyediakan bahan baku cincau hitam/ jenggalan sudah d press kualitas ekspor. daun super + cacah ( daun dan batang). berminat hubungi kami 082227069176 / pin bb 28C13BBD .thanks

    • saya butuh janggelan segera , no yg saya hubungi tdk menjawab , bisa telpsaya di 8135825520

      • asal janggelan kwalitas bagus hanya karangtengah dan nawangan, dan hati2 jangan tertipu dengan penjual janggelan dari purwantoro atau ponorogo, karena mereka ambil janggelan dari purbalingga, bogor, atau trenggalek, kemudian dibawa ke wonogiri atau ponorogo, jadi seolah-olah barang dari karangtengah atau nawangan, jangan tertipu pengusaha licik

        • Sy dr medan dan tertarik dgn usaha janggelan ,tp sy bum tau seluk beluk ttg daun janggelan ini.dimanakah sy bs mendapat pelatihan ttg pembuatan cincau dan pemasarannya,mohon petunjuknya terimakasih

        • Pak Sukamto ini eksportir Janggelan dari Wonogiri kan. Saya ingin bisa seperti bapak, minta tolong saya boleh belajar export Janggelan pada bapak ? Mohon persetujuan dari bapak sangat saya harapkan, minta tolong infonya, terimakasih banyak pak Sukamto

          • bisa hubungi saya 082187808797

          • untuk jadi petani janggelan bagaimana cara memperoleh bibitnya dan belajar bertanamnya dan proses penjualan hasilnya

        • i minat pada janggelan pak, boleh tahu harga sekrg
          Daun saja ???
          Cacah ???

        • Maaf.. Bapk kamto ini apa bener dari Karangtengah, yg sekaligus polisi menggeluti bidang usaha Janggelan??

        • MAAF SEBELUMNYA sya asli ponorogo,tidak semua org berperilaku kya gitu mas…sya jual hasil tanam sendiri kwalitas insyaalloh tiidak mngecewakan&bisa disurvei sblm transaksi.
          jd tolong JANGAN DISAMAKAN semuanya,trims

          • Assalamualaikum pak.. Berapa yea perkilo harganya..

      • hub 6282299359170

    • Salam.. Baku janggelan berapa yea harganya perkilo..

  3. saya merasa tertarik bisnis jagelan yang menguntungkan

  4. saya ingin bergabung bisnis jagelan bagai mana caranya untuk bergabung

  5. saya sangat setuju bisnis jagelan

  6. Untuk wilayah kota ponorogo dimana ya bisa distributornya?

  7. Tetap smangat! Kembangkan terus shg bisa menjadi produk unggulan

  8. berapa harga daun dan batangnya janggellan per kilogram ?

  9. boleh gabung. disini terdapat banyak sekali komoditi janggelan jenis daun dan batang

  10. Di tempat saya banyak tanaman jangelan ,,harus di jual ke mana ????

    • ada yg jual daun janggelan partai kecil?
      lokasi saya bandung
      kalo ada boleh info ke saya harga nya
      +6282217611573

    • salam ..saya dari malaysia ..bagaimana bisa saya dptkan no contact.

      saya sangat berminat utk membelinya

      • Kami adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang exspor agryculture terutama daun janggelan (bahan baku cincau/grassjelly)
        untuk info pemesanan bisa hubungi kami ;

        CV MUDA JAWA
        Hendra
        alamat ; slayur,dangkrang rt2 rw4 Kec.Purwantoro Kab.Wonogiri Jawa Tengah kode pos 57695
        INDONESIA
        No telpon/hp ; 085229400548

        • satu kilo janggelan kering berapa harganya bos….

      • salam,
        Saya produsen/distributor cincau hitam (black jelly grass/mesona chinensis) dari Pacitan Indonesia. Untuk informasi dan pemesanan, silakan hubungi kami:
        UD Janggelan Sari
        Phone. +62 082330372199
        Email. atikhidayatipcn@gmail.com
        Terimakasih,

      • puan nur kami menjual cincau hitam dengan harga sangat murah kwalitas bagus dari karangtengah dan pacitan, silahkan hubungi saya +62 081226002300

      • Saya punya daun janggelan 16 rb/kg yg sdh cacahan di box. Yg blm cacahan 14 rb/kg

      • Anda bisa datang ke trenggalek tepatnya kecamatan pule anda bisa jadi pengepul setellah itu anda tinggal exspor ke malaya.

      • Puan Nur boleh hubungi saya +6282187808797
        saya sudah biasa melayani exsport

      • Pak, ini nmer wa kami. Kalo misal jodoh rejekinya.083898266877 atas nama harianto

      • 083898266877

      • Puan Nur bisa hubungi AR…..tlp no 085264613563 untuk pemesanan janggelan Wa 085264613563 sekala besar atau eceran

      • Silahkan hub kami cik
        +628125900610

    • daerah mana gan?

  11. Pelatihan untuk membuat minuman sari janggelan dimana ya? Mohon infonya..trimakasih

  12. gimana she cara pembuatan cincau hitam ????

  13. Ibu lusi , aha namanya yg sudah tidak asing utk jagoan pembuat kuliner janggelan (makanan dan minuman) , beliau ini kalau tidak salah pemenang penghargaan CIty Bank dalam City Micropreneur Award, dan juga sempat jadi calon unggulan utk perwakilan Indonesia dlm ajang ASEAN. Sekarang sering dapat liputan TV Nasional yaaa
    Sukses terus Ibu Lusi

  14. saya tertarik dengan budidaya janggelan. kalau boleh tau ketinggian berapa meter dari permukaan air laut? saya ingin mendapatkan bibit janggelan, berapa harga bibit janggelan perpohon?

  15. janggelan itu sebenarnya dari pacitan bukan ponorogo

  16. Bisa minta no hp bu sari
    Istri pak tarso pengepul janggelan porwantoro
    Penting banget
    Makasih

    • kalau butuh daun cincau bisa hub saya bu 082187808797

  17. saya ingin tanam janggelan dimana dapat bibitnya. dan berapa per harga per batangnya, minimal berapa batang untuk pemesanan. . saya tinggal di lahat sumatera selatan

  18. Saya penjual cincau janggelan,bila ada yg berminat silahkan hub 6282299359170 atau pin BB 295A7758

  19. Saya butuh daun cincau hitam kering, info ke saya contact yang bisa di hubungi atau saya di hp/wa 082307299777

    saya sangat berminat utk membelinya

  20. Menawarkan daun cincau / janggelan kwalitas super, dengan komposisi 70 persen daun 30 persen batang kering. Per kg 17 ribu pembelian minimal 300 kg berminat silahkan hubungi 085852459187 pin BB: 5BE3904D

  21. Sy jual bubuk cincau hitam siap pakai asal janggelan pacitan 082234795103

  22. Cari penjualan daun janggelan wilayah jadebotabek..hub 081281486595

  23. info ini Valid per tanggall 26/3/2017
    Kami dari UD semesta cincau menyediakan janggelan kwalitas terbaik. jaminan mutu. daun murni harga 28rb termasuk ongkir pulau jawa. daun cacah harga 15ribu termasuk ongkir . debu serbuk janggelan hanya Rp 8500 . siap kirim seluruh indonesia bahkan malaysia, terima kasih 08125922242 bramantyo

  24. daun janggelan super hanya Rp 27000, siap kirim
    ada juga daun cacah (70persen daun 30 persen cacah) hanya 16ribu. siap kirim seluruh indonesia
    #janggelansuper #janggelan murah #siapkirim

    08125922242 mr.bram

  25. saya punya daun cincau hijau.kalaupun ada yg berminat.bisa hub.085608801003.perkilo 8000

  26. Didaerah sy nawangan,pacitan byk petani janggelan kami cari pengepul/pembeli yg bisa bs utk krjasama. Call me.081329564020

  27. Saya menyediakan daun cincau hitam kering 25rb/kg nego kwalitas A,untuk partai besar pemesanan hub 081296612820

  28. Saya david dr kota Surabaya butuh bahan baku buat cin cao
    Dan saya juga tertarik membuat
    Cinta cao
    Mohon bantuan informasi nya
    Terima kasih

    • Insya alloh siap mencarikan bahan baku cincau…

      • Bs carikan daun cincau rambat bulu ts

    • hubungi kami 082187808797

    • Saya pengepul janggelan dari pacitan nawangan siap suplay bahan cincau hitam harga bersahabat. . Wa 085 955 022 225

    • Bapak davit Masih membutuhkan janggelan bisa Saya kirim pak

  29. pak soekamto bisa kami minta alamat bapak. kami ingin menjual daun cincau

  30. Saya butuh pengepul janggelan ,lokasu trenggalek,hub.085236033607

  31. Saya cari pengepul janggelan,trenggalek085236033607

  32. Saya menyediakan daun cingcau kering kualiatas super asli pacitan yang minat bisa hub 081334818888 harga nego..

  33. Saya lagi perlu Daun CinCau Hitam.
    Bisa tolong hubungi 08123057128.

    Tq

    • Kami eksportir daun Cincau Hitam.
      Alamat gudang di Ciuncal Bogor.

      Saat ini sedang membutuhkan supply rutin 30 ton setiap bulan.
      Barangkali ada yg berkenan menawarkan daun cincau hitam kepada perusahaan kami

      Kontak langsung Tonny Ozora 0811313169 atau WA 081271669134

      Terima kasih

  34. Kami eksportir daun Cincau Hitam.
    Alamat gudang di Ciuncal Bogor.

    Saat ini sedang membutuhkan supply rutin 30 ton setiap bulan.
    Barangkali ada yg berkenan menawarkan daun cincau hitam kepada perusahaan kami

    Kontak langsung
    Tonny Ozora 0811313169 atau WA 081271669134

  35. Saya punya daun cincau hitam dan batang kering nyari yang mau beli gulungan.. Saya ngepul langsung dari petani
    Alamat saya pagedongan,banjarnegara,jawa tengah bila minat bisa chat 087848485126

  36. Saya perlu bahan baku daun cincau hitam

  37. Yang butuh bahan baku cincau hitam basah maupun kering siap suplai .. Bisa hubungi di no 0859144795439

  38. Saya mau beli jagelan yang super
    Dan haraga disesukan dengan cotoh barang yang berkawlitas
    Super . Klw ada hbng tlf /wa .
    082141330616
    Secepat nya

  39. Saya ada banyak pak jangelan asli nawangan, harga cocok siap suplai ,kalau minat silahkan wa 082174302266

  40. Cari bos cincau hitam yang mau beli basah, saya ada stok banyak siap panen..
    Bila ada yang minat silahkan hubungi di no tlp/wa 0859144795439

  41. saya ready bahan baku pembuatan cincau dan jelly, barang kali bapak /ibu berminat bs hubungi saya DAVINA ; 082123637509 pabrik kami ad d TANGERANG

  42. saya menyediakan bahan baku pembuatan cincau dan jelly yng lain barang kali bapak /ibu perlu bs sy sediakan bs hubungi saya DAVINA ; 082123637509 pabrik kami ad d TANGERANG

  43. sebelumnya saya butuh info distributor janggelan, saya tinggal di pacitan di tempat saya banyak sekali petani yang bermata pencaharian sebagai petani janggelan yang bisa dikatakan janggelan di tempat saya cukup bagus kualitasnya karna benar” terawat, saat ini sangat tertarik untuk berbisnis janggelan sebagai pengepul di tempat saya tapi masih binggung mau setornya dmna. bisa dibantu ? (terimakasih):)

  44. kami petani janggelan dari banjarnegara, membutuhkan penampung janggelan…bisa bantu kami hub 085327577557

  45. PT. ALAMI KING ABADI kami adalah perusahaan eksportir ( World class Exporter)cincau kelas dunia. Cincau hitam kami dijamin layak masak dan berjelly tinggi ,sudah melalui Quality control , harganya kompetitif,untuk pemesanan hub Bpk. ABRAHAM WIBOWO,ST. Wa: 08125922242

  46. Kami juga menerima cincau daun cacah dan daun pyur berkualitas hubungi segera 08125922242 Bpk.Abraham

  47. PT.ALAMI KING ABADI 6 Juli 2020, 05:08 at 05:08
    PT. ALAMI KING ABADI kami adalah perusahaan eksportir ( World class Exporter)cincau kelas dunia. Cincau hitam kami dijamin layak masak dan berjelly tinggi ,sudah melalui Quality control , harganya kompetitif,untuk pemesanan hub Bpk. ABRAHAM WIBOWO,ST. Wa: 08125922242, facebook : Abraham Wibowo ( abrayap@hotmail.com) SUKSESS ADALAH HAK ANDA !!@

  48. saya pingin jual cincau hitam atau janggelan itu bertepatan di daerah mana

  49. harga bibit janggelan brp per batang

  50. Saya mau menawarkan daun cincau hitam asli dari karangtengah,wonogiri.kualitas eksport no.1.klu minat hub wa 089684419221

  51. saya petani kopi dan jangelan dan saya juga biasa mengumpulkan hasil petani di sekitaran saya,
    saya klo ada distributor saya siap menyuplay asal harganya mencapai target kontak wa saya 081216705637

    terimakasih

  52. SAYA SEDIA DAIN CINCAU HITAM ASLI PACITAN UNTUK KEBUTUHAN EKSPOR MAUPUN PEMASAK
    MELAYANI PARTAI BESAR MAUPUN KECIL..
    BISA HUBUNGI WA 081914770076

  53. SAYA SEDIA DAIN CINCAU HITAM ASLI PACITAN UNTUK KEBUTUHAN EKSPOR MAUPUN PEMASAK
    MELAYANI PARTAI BESAR MAUPUN KECIL..
    BISA HUBUNGI WA 081914770076
    TERIMAKASIH

  54. Bagaimana cara mengolah daun janggelan menjadi bubuk instan siap saji terimakasih

  55. Semangat Pagi,
    Mohon Infi Pengepul Daun Salam Keringnya
    Terimakasih

  56. Untuk mengetahui kualitas yg bagus untuk pengujian kemana ya barang Janggelan mohon bantuanya kemana apakah ke BPOM?
    Saya dari Sumatera bertempat di ketinggian 1400 dari permukaan laut.
    Mohon bantuanyanTerima kasih

  57. Mohon izin admin dan mohon maaf juragan semua.Barang kali di sini ada yang membutuhkan tepung sagu(rumbia) boleh berkabar 085204556540 lokasi pati-jawa tengah
    Matur suwun

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim