Prestasi Nasional 4 Kabupaten di Jawa Timur

Harkopnas ke-67 di Lapangan Banteng Medan, Sumatera Utara. foto : beritadaerah.com

Raih Satya Lencana Pembangunan dan UMKM dari Presiden

Jawa Timur kembali menorehkan prestasi nasional. Kali ini, Jawa Timur melalui empat kabupatennya masing-masing Banyuwangi, Sidoarjo, Lumajang, dan Ponorogo meraih penghargaan Satya Lencana Pembangunan untuk bidang pembangunan dan UMKM.

Penghargaan diberikan oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono bersamaan dengan Peringatan Hari Koperasi ke-67 Tahun 2014, di Medan.

Prestasi ini memiliki arti tersendiri bagi Jawa Timur, khususnya Kabupaten Banyuwangi. Setelah meraih Penghargaan Satya Lencana Wira Karya dan Bhakti Koperasi tahun lalu, kini Banyuwangi kembali mendapat penghargaan bergengsi di bidang pembangunan dan UMKM.

Pada Harkop Nasional di Lapangan Banteng, Medan, Sumatera Utara tersebut, Presiden SBY juga menyerahkan penghargaan kepada 127 pemimpin daerah dan Banyuwangi merupakan salah satu yang menerima penghargaan dari Presiden. Untuk Provinsi Jawa Timur, Banyuwangi merupakan salah satu dari empat kabupaten yang mendapat penghargaan ini.

Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM Banyuwangi, Alief Rachman Kartiyono, mengatakan, penghargaan ini diberikan karena Banyuwangi dinilai berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi kerakyatan salah satunya dari koperasi yang aktif dan sehat. Serta berkat kegigihan, eksistensi dan konsisten Pemerintah Banyuwangi dalam menggarap sektor, mikro, kecil, menengah.

Untuk koperasi aktif dan sehat, terang Alief, di Banyuwangi ada 722 lembaga dari 866 lembaga koperasi yang ada. Sedangkan sisanya yang berjumlah 134 lembaga merupakan koperasi yang tidak aktif.

Sementara di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Banyuwangi ada 296 ribu di tahun 2013 dan 120 ribu di tahun 2012. Dari jumlah itu 90 persen didominasi sektor mikro, seperti pedagang kaki lima (PKL), Wlijo dan 10 persen sisanya para pengrajin  dan para pengusaha kecil menengah.

Selain dari Presiden SBY, pada kesempatan yang sama Banyuwangi juga menerima penghargaan sebagai Koperasi Berprestasi Nasional Jenis Usaha Konsumen bersama 130 kepala daerah di Indonesia yang diserahkan Menteri Koperasi dan UMKM RI, Syarifuddin Hasan. Koperasi yang berhasil mengantarkan Banyuwangi menerima penghargaan ini adalah KPRI Bina Karya Gambiran.

KPRI Bina Karya dinilai sebagai koperasi terbaik dan memiliki kelebihan yang tidak dimiliki koperasi lain di Banyuwangi. Diantaranya administrasinya yang bagus, volume usaha yang tinggi, serta kredit macetnya relatif kecil. (*/kmf)

Tags: 

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim