UMKM Dominasi Kredit Bank Jatim

UMKM di sentra sepatu Kota Mojokerto. foto:widi

Segmen Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). masih mendominasi penyaluran kredit PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur, Tbk (Bank Jatim) dengan angka 80%. Sisanya kredit korporasi. Pembukaan unit mikro dirasa tepat bagi Bank Jatim karena mampu menjangkau nasabah mikro yang belum mendapatkan akses perbankan.

Dikatakan Direktur Bank Jatim, Hadi Sukrianto, untuk mengembangkan segmen UMKM, Bank Jatim membentuk unit mikro. Saat ini unit tersebut telah beroperasi di tujuh wilayah yaitu Surabaya, Sidoarjo, Madiun, Mojokerto, Kediri, Gresik dan Malang dengan sistem implan pada kantor cabang setempat.

Pada semester pertama 2014 Bank Jatim menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Penyaluran kredit tercatat Rp24,62 triliun atau naik 21,48% dibandingkan tahun lalu sebesar Rp20,43 triliun.

Sementara total aset meningkat 24,50% menjadi Rp 42,15 triliun dibandingkan tahun lalu sebesar Rp 33,85 triliun. Dana pihak ketiga naik 29,41% dari periode yang sama tahun lalu Rp 27,41 triliun menjadi Rp 35,48 triliun. Laba naik 25,98% atau sebesar Rp 747,62 miliar sedangkan laba bersih sebesar Rp 543,28 miliar atau naik 26,76% dibandingkan tahun lalu. (*/kmf)

Komentar Pembaca

  1. Bapak saya ajukan kredit ke bank jatim sulitnya minta ampun ditolak. Memang ada restruktur di bank pundi tp udah jalan 2 tahun lancar.. Mohon diberi kemudahan.

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2018. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim