Tenaga Penyuluh Pertanian Diangkat Jadi PNS

Presiden SBY didampingi Pakde Karwo saat pembukaan Penas Petani dan Nelayan.

10 Ribu Tenaga Penyuluh Tahun 2014, Penghasilan Tetap Rp2 Juta Perbulan

Menteri Pertanian, Suswono, menegaskan, tahun 2014 ini pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bakal mengangkat 10 ribu tenaga penyuluh pertanian menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Penegasan tersebut disampaikan saat Pekan Nasional Tani dan Nelayan di Kabupaten Malang, Minggu (8/6) kemarin.

“Kami telah mengajukan untuk para Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL TBPP) untuk diangkat jadi PNS. Ini sudah disetujui Menpan. Tapi tidak semua diangkat. Hanya 10 ribu orang saja,” kata Suswono.

Namun, lanjut Suswono, sisanya yang belum diangkat bakal diangkat menyusul tahun depan. “Sisanya menunggu kebijakan mendatang, jadi harus bersabar. Banyak-banyak berdoa biar segera diangkat jadi PNS. Kalau doa tidak dikabulkan, bisa jadi karena kerjanya belum maksimal,” ujarnya.

Menurut Suswono, THL TBPP seharusnya menjadi orang yang paling tahu potensi bisnis pertanian di wilayah dia bekerja. “Idealnya THL ini karena tahu potensi daerah bisa jadi pengusaha dan bantu petani. Tapi sekarang malah ingin jadi PNS,” tuturnya.

Padahal, ujar dia, kalau bisa jadi entrepreneur dan jadi pengusaha agribisnis penghasilan bisa lebih besar sampai ratusan juta. “Kalau jadi pengusaha kan enak uang penghasilan lebih banyak. Tapi kalau milih jadi PNS mungkin karena bisa dapat penghasilan tetap Rp 2 juta perbulan,” ucapnya.THL TBPP adalah tenaga kontrak penyuluh pertanian, oleh Kementerian Pertanian dan diperbantukan pada kelembagaan penyuluhan pemerintah di daerah. Beban kerja mereka sama dengan penyuluh pertanian PNS. Saat ini, THL TBPP berjumlah 21.249 orang yang tersebar di Indonesia.

Pengangkatan THL TBPP langsung menjadi PNS pada posisi dan jabatan yang sesuai termasuk dalam regulasi. Dalam hal ini, ketentuan ketenagaan penyuluh tertuang dalam Undang Undang No 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan.

Suswono menjelaskan, pada tahun 2017/2018 mendatang akan banyak penyuluh pertanian yang masuk masa pensiun. “Yang pasti akan ada pensiun massal sebanyak 70 ribu penyuluh, jadi akan ada perekrutan tenaga penyuluh baru dalam beberapa tahun ke depan,” tuturnya.

Ia menambahkan, bagi penyuluh PNS yang sudah pensiun tapi memiliki ketahanan fisik yang masih bagus maka bisa jadi diperbantukan terus sebagai penyuluh swadaya. (*/kmf/afr)

11 Komentar Pembaca

  1. amin,mudah-mudahan segera terealisasikan,,terus berjuang

  2. Saya sangat senang kalau penyuluh THL-TBPP bisa diangkat jadi Penyuluh PNS.Kami di Kota Tual Masih sangat kekurangan penyuluh pertanian yang ada hanya penyuluh pertanian honorer dari dana APBD. Mohon untuk diangkat juga penyuluh pertanian honorer demi pembangunan pertanian. Salam sukses penyuluh pertanian di seluruh Indonesia. Sarmin, S.Pt., M. Si (Koordinator Penyuluh Pertanian dan Kehutanan Kota Tual).

  3. Semoga tahun ini pengangkatan pns dari thl tbpp terrealisasi, demi kemajuan pertanian di perdesaan. Karena penyuluh adalah motifator bagi petani untuk selalu berkembang dan menjadikan masyarakat bangga menjadi petani sehingga tidak berduyun2 ke kota..dan pengabdian thl tbpp telah lama dan alangkah bijaknya jika pemerintah memberikan apresiasi terhadap pengabdiannya dengan kejelasan status yaitu PNS

  4. semoga apa yang telah diprogramkan betul betul terealisasi

  5. Penyuluh THl tidak semuanya memenuhi kreteria bisa diangkat menjadi pegawai Negeri diantaranya umur udah melebihi persyaratan yang ditentukan , semoga ada kebijakan untuk prioritas.

  6. Amin amin amin,,,,,semoga di thun 2018 akan bnyak yg mncari pnyuluh PNS,,,,krna sya sbagai mahasiswa jrusan agri smoga di permudahkan untk jdi PNS

  7. Pemerintah khususnya istansi terkait dapat memperhatikan nasip para THL-TBPP dgn baik karena mereka adalah ujung tombak dalam keberhasilan dari pada petani itu sendiri . jadi sangat perlu untuk di perhatikan dengan baik ,karena para THL- TBPP yang lebih memahami kondisi dan geografis suatu wilayah,,,

  8. yg mulia pak mentan kupas 7 tlg tepati janji dan tlg titip masukan ini untuk para jendral lapangan agar dalam menjalankan tugas jangan ada setengah setengah,#mentan Anton Rekruk,#mentan Siswono Janji pngankatan,#mentan sekarang Kapan Kami para Thl di angkat jadi PNS ????????? salam penyuluh.

  9. Bapak mentan yg terhormat. Bagaimana kejelasan kami sbg ppl swadaya. Mohon pak perhatiannya..

  10. saya mengucapkan terimakasih kepada pemerintah khususnya menteri pertanian yang mana mau mengagkat THL TBPP diangkat jadi pns , kalau bisa lebih baik sekaligus semua diangkat pak

  11. terimakasih kepada semua penyuluh yang telah meluangkan waktunya, mengurusi kami kaum miskin, seperti kami ini….

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 9722. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim