Rancangan RKPD 2015 Dimusrenbangkan Besok

Ilustrasi Musrenbang RKPD 2015

Menyusul Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemerintah Provinsi Jawa Timur 2014-2019 ditetapkan sebagai Peraturan Daerah (Perda), Selasa besok (22/4), Musrenbang serupa kembali digelar. Namun Musrenbang 2014 kali ini jelas berbeda tema. Fokus pembahasannya adalah khusus mengenai konsep Rancangan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Pemerintah Provinsi Jawa Timur Tahun 2015.

Musrenbang digelar di dua tempat. Masing-masing di Hotel Bumi Surabaya, Jalan Basuki Rahmat Surabaya dan Hotel Garden Palace, Jalan Yos Sudarso Surabaya. Pembukaan oleh Gubernur Jawa Timur, Dr H Soekarwo, berlangsung di Hotel Bumi Surabaya. Sementara untuk sidang-sidang perencanaan masing-masing bidang dilakukan di Hotel Garden Palace Surabaya.

Selain dibuka langsung Gubernur Jawa Timur, sejumlah Menteri dijadwalkan hadir dalam Musrenbang tersebut. Masing-masing yang bakal hadir adalah Meteri Negara PPN/Ketua Bappenas, Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Keuangan.

Musrenbang yang dipastikan berlangsung maraton itu bakal dihadiri peserta tak kurang dari 566 peserta. Masing-masing terdiri dari unsur Forpimda, Setda Provinsi Jawa Timur, Staf Ahli Gubernur, SKPD se-Jatim, Perwakilan Provinsi Tetangga, Kepala Daerah Kab/Kota, BUMD/BUMN, DPRD Provinsi, Parpol, para Rektor Perguruan Tinggi, BEM Mahasiswa, LSM, Ormas, Perwakilan Lembaga Donor, Dewan Riset Daerah dan Lintas Agama.

Bahwa, proses sinkronisasi, koordinasi, integrasi dan keterpaduan untuk mewujudkan program pembangunan yang terarah dalam sebuah wilayah adalah mutlak dilakukan. Apalagi kerangka otonomi daerah sudah membingkai sedemikian rupa tanggung jawab masing-masing antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Tingkat II. Melalui tahapan proses tersebut, Musrenbang RKPD 2015 adalah untuk membangun struktur perencanaan yang nyata agar mampu merealisasikan solusi terhadap persoalan bangsa – masyarakat Jawa Timur khususnya – yaitu kemiskinan dan pengangguran.

Sasaran prioritas Musrenbang RKPD 2015 berdasarkan aspirasi daerah serta hasil forum SKPD dan Musrenbang Kab/Kota di Jawa Timur yang sebelumnya sudah digelar di masing-masing daerah antara lain, menyempurnakan rancangan awal RKPD Tahun 2015 menjadi rancangan akhir RKPD Tahun 2015. Melakukan sinkronisasi dan penyempurnaan rancangan awal Renja SKPD 2015 menjadi rancangan akhir Renja SKPD 2015 dengan memperhatikan prioritas pembangunan yang tertuang dalam rancangan awal RKPD Tahun 2015.

Prioritas lainnya adalah menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan dan penganggaran yang tertuang dalam Rancangan Awal RKPD Provinsi Jawa Timur Tahun 2015 dan Rancangan Awal Rencana Kerja SKPD (Renja-SKPD) Provinsi Jatim Tahun 2015 dengan mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Provinsi Jawa Timur Tahun 2014-2019. Membahas program, kegiatan pokok dan pagu anggaran yang tertuang dalam Rencana Kerja SKPD (Renja-SKPD) Provinsi Jatim tahun 2015 sebagai dasar penyempurnaan Rancangan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Provinsi Jawa Timur 2015.

Juga membahas program utama, kegiatan pokok, lokasi kegiatan dan pagu anggaran SKPD Provinsi Jawa Timur (mainstreaming) yang penting dan mendesak untuk segera dilaksanakan, mempunyai dampak nyata, terukur dan langsung dirasakan oleh masyarakat, sesuai dengan prioritas pembangunan yang telah ditetapkan dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Timur Tahun 2015. Terakhir, mengembangkan dan memperkuat partisipasi masyarakat dalam penyusunan RKPD Provinsi Jawa Timur Tahun 2015 melalui Focus Group Discution (FGD) dengan kelompok-kelompok strategis yang bersifat tematik untuk menjaring aspirasi dan diformulasikan ke dalam rencana-rencana aksi maupun rencana tahunan. (tim)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim