Setengah Triliun untuk Pembangunan Museum Majapahit

Salah satu bagian dari kawasan museum Majapahit. foto:antara

Trowulan Diputuskan Pemerintah Sebagai Kawasan Strategis Nasional Berbasis Kebudayaan

Keputusan melegakan diambil Pemerintah Pusat terkait pembangunan Museum Majapahit di Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur. Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof DR Kacung Marijan, menegaskan pemerintah mengalokasikan anggaran Rp500 miliar untuk merenovasi kawasan Museum Majapahit di Mojokerto Jawa Timur.

Menurut Dirjen yang juga mengajar di Kapus Unair Surabaya tersebut, pemerintah sudah final dalam memutuskan Trowulan sebagai kawasan strategis nasional berbasis kebudayaan. Jika dulunya hanya bersifat konservasi, tapi sekarang sudah konkrit. Yaitu sebagai konservasi, pengembangan, dan pemanfaatan.

Dikatakan Kacung, penetapan Trowulan sebagai kawasan strategis nasional berbasis kebudayaan itu bertujuan untuk melindungi kawasan sangat bersejarah tersebut. Kawasan Trowulan yang arkeologi itu nantinya bukan hanya untuk kepentingan akademik belaka, melainkan juga untuk kepentingan ideologis dan jatidiri. Karena itu, siapa pun yang merusak cagar budaya berarti merusak bangsa.

Selain untuk kepentingan akademis dan ideologis pengembangan kawasan Trowulan juga akan dikembangan ke aspek ekonomi, sebab kawasan itu juga menyimpan potensi ekonomi yang tidak kecil. Industri juga boleh berkembang di kawasan itu, tapi industri yang terintegrasi dan berdiri pada salah satu dari tiga kawasan, yakni kawasan inti, penyangga, dan pengembangan.

Masih menurut Kacung, perencanaan ulang kawasan Trowulan itu sudah dirintis sejak tahun 2013 melalui pembicaraan dengan pemerintah daerah dan tim lintas kementerian. Sejak itu pula ada perencanaan ulang kawasan tersebut menjadi kawasan strategis nasional yang berbasis kebudayaan. Dirjen Tata Ruang juga Bappeda Mojokerto berikut Bappeda Provinsi Jawa Timur bahkan sudah bersama-sama melakukan kajian mendalam terkait keputusan pemerintan untuk menjadikan Trowulan sebagai kawasan strategis nasional berbasis kebudayaan. (tim)

2 Komentar Pembaca

  1. bagus semoga segera terlaksana pembangunannya…

  2. Jadikan kawasan situs Majapahit sebagai kebanggaan bangsa, sebagai jati diri bangsa, sesuatu yang tak ternilai, agar anak cucu kita tidak kehilangannya akar budayanya, bahwa kita bangsa yang besar sejak dulu kala………..

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim