Mekanisme 6 Tahapan RPJMD Sudah Terlampaui

Suasana sidang Musrenbang Kelompok IV

Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Bappeda Provinsi Jawa Timur yang digelar 6-7 Maret 2014 memunculkan dinamika dialog yang strategis untuk lebih membawa Jawa Timur/Jatim ke arah yang lebih baik. Musyawarah yang kemudian dilanjutkan rapat paripurna (hari kedua Musrenbang) adalah pembahasan nota penjelasan Gubernur Jawa Timur terhadap Rencana Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jatim

Rapat paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Jatim, Imam Sunardi, Wakil DPRD Jatim Sirmadji, Wakil DPRD Jatim Faf Adisiswo itu diwarnai dialog cukup gayeng dengan para anggota DPRD lainnya. Anggota dewan M Mochtar dari Fraksi Golkar mengatakan, sesuai PP 8/2008 dan Permendagri 54/2010 penyusunan dokumen RPJMD melalui enam tahapan. Pertama persiapan penyusunan, penyusunan rancangan awal (konsep) bersama DPRD, penyusunan rancangan RPJMD, pelaksanaan Musrenbang, perumusan rancangan akhir dan proses penetapan perda RPJMD bersama dewan.

“Sayangnya, khusus pembuatan konsep dewan diberi waktu cukup pendek yaitu selama dua minggu. Jadi dewan merasa belum cukup mempelajari,” kata M. Moechtar yang juga sekertaris Pansus DPRD Jatim.
Sementara itu Ketua Pansus RPJMD DPRD Jatim, Agus Dono Wibawanto mengatakan untuk keanggotaan fraksi yang duduk sebagai anggota Pansus sudah sesuai aturan pimpinan dewan yaitu sudah menyerahkan surat ke masing-masing fraksi untuk mengusulkan nama-nama perwakilan fraksi yang akan duduk di keanggotaan Pansus RPJMD. Termasuk, soal nota penjelasan, sebenarnya sudah dibacakan oleh Gubernur Jatim, Soekarwo saat rapat paripurna lalu. Yang pasti keinginan gubernur untuk menjadikan RPJMD sebagai Perda agar dewan ikut mengkritisi sekaligus memberikan masukan terhadap program pembangunan di Jatim.

Gubernur Jatim, Soekarwo, mengatakan, semua mekanisme RPJMD sudah diserahkan ke Banmus DPRD Jatim. “Pihak eksekutif sudah menyerahkan mekanisme ke pihak Banmus DPRD Jatim, karena yang memutuskan yaitu Banmus DPRD Jatim, dan pimpinan,”ujarnya.

Lebih lanjut, pihaknya telah melakukan pertemuan yaitu dengan pimpinan DPRD Jatim, dan ketua Fraksi di DPRD yaitu untuk melakukan presentasi program RPJMD tersebut. “Saya sudah melakukan presentasi program ke pimpinan DPRD, Pansus, dan Fraksi di DPRD Jatim sebanyak dua kali di DPRD Jatim, dan gedung negara Grahadi,”ujarnya. (tim)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2020. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim