SBY dan Pakde Karwo Pompa Semangat Korban Erupsi Gunung Kelud

Presiden SBY dan Ibu Ani yudhoyono didampingi Gubernur Jatim berkomunikasi dengan para relawan erupsi Gunung Kelud di Masjid An-Nur Pare

Erupsi gunung Kelud medapat perhatian serius dari Presiden RI, Soesilo Bambang Yudhoyono beserta Ibu Ani Yudhoyono yang didampingi oleh Gubernure Jatim , Dr. H. Soekarwo dan Ibu Hj, Nina Soekarwo. Perhatian serius tersebut ditunjukkan dengan mengunjungi korban erupsi yang berada di Masjid An-Nur, Pare Kab. Kediri, Senin(17/2).

Pada kesempatan tersebut, SBY dan Pakde Karwo sapaan akrab Gubernur Jatim, memompa semangat para korban erupsi agar selalu tegar menghadapi cobaan seperti ini. Hal itu ditunjukkan dengan mengajak komunikasi para korban erupsi Gunung Kelud. Sekitar 5.160 korban erupsi, dari 16 desa Kec. Pare Kab. Kediri berkesempatan langsung dengan Presiden RI dan Gubernur Jatim itu untuk mengungkapkan keluh kesah selama berada di penampungan.

Akibat erupsi Gunung Kelud ini, kerugian yang ditimbulkan cukup besar, diantaranya sarana prasarana dan perekonomian. Adapun estimasi total kerugian akibat gunung Kelud sebesar Rp. 1,255 triliun, estimasi total biaya tanggap darurat sebesar Rp. 7,7 miliar, dan estimasi total biaya rehabilitasi sebesar Rp. 109,7 miliar.

Sampai dengan tanggal 16 Februari ini, secara keseluruhan terdapat 87.696 pengungsu akibat erupsi gunung Kelud yang tersebar di lima kabupaten diantaranya, 39.018 pengungsi di Kab. Kediri, 14.559 pengungsi di Kota Batu, 8.193 pengungsi di Kab. Blitar, 25.151 pengungsi di Kab. Malang dan di Kab. Jombang sebanyak 775 pengungsi.

Erupsi gunung Kelud kali ini tidak menimbulkan korban jiwa cukup besar, karena sebelumnya tela dilakukan mitigasi Erupsi, dimana telah terselenggara secara optimal , sehingga berhasil meminimalisasi jumlah korban jiwa meninggal dunia.sedangkan penanganan tanggap darurat sudah terkonsolidasi dan direncanakan sampai sepuluh hari kedepan dan ditetapkan sebagai bencana Provinsi sehingga perlu koordinasi baik pemerintah pusat maupun Kabupaten/Kota.

(Sumber: humaspemprov/tra/wempi)

Komentar Pembaca

  1. Semangat untuk para korban Gunung Kelud! Badai pasti berlalu

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2017. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim