Penyaluran Raskin Jatim 2013 Tuntas

Penyaluran Raskin. Seorang buruh panggul melakukan bongkar muat beras untuk rakyat miskin (Raskin) di gudang Bulog Sub Divre V Kediri, Jawa Timur (Foto: ANTARA/Arief Priyono/Koz/hp/10)

Penyaluran beras untuk masyarakat miskin (raskin) di Provinsi Jawa Timur berjalan lancar. Hingga jelang akhir 2013 ini, penyaluran raskin di seluruh kabupaten kota di Jatim telah sepenuhnya tuntas dan sudah tersalurkan.

“Penyaluran raskin reguler dan raskin tambahan sebanyak tiga kali yakni raskin 13, 14, dan 15 telah selesai dilakukan. Untuk raskin reguler mencapai 514.000 ton plus raskin tambahan yang mencapai 43.000 per bulan, sehingga total yang sudah tersalurkan di Jatim tahun ini mencapai 643.000 ton beras,” kata Kepala Divre Bulog Jatim, Rusdianto, Senin (30/12).

Dengan selesainya penyaluran raskin, kata dia, tanggung jawab Bulog tahun ini sudah bisa dibilang cukup bagus. Sebelumnya, penyaluran raskin sempat mengalami kendala karena ada satu desa di Sumenep yang menolak sejak awal tahun untuk penyaluran raskin dan melalui proses negosiasi, kini telah terselesaikan.

Menurut dia, rata-rata yang membuat penyaluran raskin sedikit terhambat yakni pada persoalan pembayaran. “Masih banyak yang pembayarannya nunggak, sehingga kami tak bisa intervensi lebih dan hanya mencoba jalan negosiasi agar ada solusi,” ungkpanya.

Saat ditanya wilayah mana saja yang sering mengalami tunggakan pembayaran raskin, ia pun enggan menyebutkan. “Tidak perlu diketahui wilayah mana yang sering nunggak pembayaran, yang terpenting penyaluran tetap kami optimalkan,” ujarnya.

Adapun tambahan alokasi pagu raskin 13, 14, dan 15 tersebut berdasarkan Surat Menko Kesra Nomor : B.95/MENKO/KESRA/VI/2013. Jika raskin 13 dan 14 terealisasi hingga awal Agustus, maka raskin 15 akan disalurkan hingga Oktober. Namun, penyelesaian ketiganya baru dapat tuntas jelang akhir tahun ini.

Adapun setiap Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTS-PM) menerima tambahan raskin sebanyak 15 kg/bulan, sehingga nantinya mereka akan menerima raskin sejumlah 30 kg/bulan dengan harga tebus Rp. 1.600,-/kg di titik distribusi. Penyaluran raskin di Jawa Timur, dengan jumlah penerima raskin sebanyak 2.857.469 RTS-PM adalah 42.862 ton setiap bulan, tersebar di 8.506 titik distribusi. Dengan demikian, jika seandainya raskin tambahan ini disalurkan, maka jumlah beras raskin yang disalurkan menjadi 85.724 ton setiap bulan.

(Sumber: jatimprov.go.id)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim