Jumat, 31 Maret 2017

Pemprov Jatim Beri Penghargaan LAKIP

Ilustrasi

Pemerintah Provinsi Jatim memberikan 59 penghargaan atas diselenggarakannya hasil evaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) SKPD di lingkungan Pemprov Jatim Tahun 2013, Penilaian unit pelayanan public percontohan Jatim Tahun 2013 dan gelar budaya kerja tingkat Prov Jatim.

“Dari 59 penghargaan, terbanyak SKPD meraih ketegori B sebanyak 39, kategori CC 19 SKPD dan kategori A berjumlah 1 SKPD yakni Disperindag Jatim,” ujar Ketua Panitia Penyelenggara, Rasiyo dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Adminitrasi dan Umum Ahmad Sukardi, pada acara Penyerahan Penghargaan Pemprov Jatim LAKIP SKPD dilingkungan Pemprov Jatim, Gelar Budaya Kerja tingkat Prov Jatim dan Unit Pelayanan Publik Percontohan Jatim Tahun 2013, di Empire Palace Surabaya, Selasa (3/12).

Dia menjelaskan, terwujudnya pelayanan publik yang berkualitas dan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah yang akuntabel merupakan salah satu ciri kepemerintahan yang baik dan menjadi tujuan dari pendayagunaan aparatur Negara.

Sukardi menambahkan, dengan ditetapkannya UU No 28/1999 Tentang Penyelenggaraan Negara Yang Bersih Dan Bebas Dari Korupsi, Kolusi Dan Nepotisme serta UU No 25/2009 tentang Pelayanan Publik, maka semakin memperjelas kepada masyarakat akan hak-haknya dalam memperoleh pelayanan, baik dari penyelenggara negara.

“Semakin dimulainya era reformasi, aparatur negera telah berkomitmen untuk memperbaiki kinerjanya dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Berbagai upaya dan kemajuan yang telah dilakukan dan dicapai perlu diinformasikan kepada masyarakat,” paparnya.

Atas dasar itu, Pemprov Jatim telah menyelenggarakan evaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) SKPD dilingkungan Pemprov Jatim Tahun 2013, penilaian unit pelayanan public percontohan Jatim Tahun 2013 dan gelar budaya kerja tingkat Prov Jatim. Maksud diselenggarakan penghargaan, sebagai upaya untuk mendorong peningkatan kualitas budaya kerja, pelayanan publik serta akuntabilitas kinerja instansi pemerintah di Jatim.

Tujuan diselenggarakan LAKIP ada empat hal, Pertama, mengukur kemampuan kab/kota maupun SKPD dilingkungan Pemprov Jatim dalam mengembangkan kelompok budaya kerja. Kedua, mengukur kemajuan unit pelayanan publik di Jatim dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Ketiga, mengkukur tingkat akuntabilitas kinerja SKPD dilingkungan Pemprov Jatim. Keempat, memberikan motivasi kepada kab/kota serta SKPD dilingkungan Pemprov Jatim agar lebih meningkatkan pengembangan kelompok budaya kerja dan pelayanan publik kepada masyarakat serta menerapkan system akuntabiltas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) pada tahun yang akan datang.

Sementara itu, Kadis Koperasi dan UMKM Prov Jatim, Fatah Jasin mengatakan, pihaknya akan semakin terpacu dalam meraih prestasi di tahun mendatang, meski tahun ini mampu meraih kategori B. “Paling tidak kami akan mengadakan evaluasi kerja kembali agar bisa meningkatkan kinerja. Mudah-mudahan tahun depan bisa mencapai nilai yang bagus,” harapnya.

(Sumber: jatimprov.go.id/ris)

Komentar Pembaca

  1. kalau boleh, saya mau minta file Lakip Jatim tahun 2013 untuk keperluan tugas perkuliahan . terima kasih. mohon balasannya,

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2017. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim