Selasa, 28 Maret 2017

Expo Koperasi dan UMKM 2013 Incar Omzet 15 Miliar

Suasana stand Expo Koperasi dan UMKM

Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Koperasi dan UMKM Jatim kembali bakal menggelar Expo Koperasi dan UMKM 2013 pada 4-8 Desember 2013 di Grand City Convex Surabaya. Pada ajang ini sebanyak 120 stan usaha mikro kecil menengah (UMKM) akan dipamerkan.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jatim, Fattah Yasin mengatakan, penyelenggaraan pameran ini sebagai upaya untuk meningkatkan dan mempromosikan produk-produk Koperasi dan UMKM Jawa Timur. “Kami menargetkan omzet pameran ini mencapai Rp 15 miliar,” katanya, Senin (2/12/2013).

Menurutnya, Pemprov Jawa Timur mempunyai komitmen yang tinggi terhadap upaya-upaya dalam menguatkan perekonomian di Jawa Timur, khususnya dalam rangka mencapai target pertumbuhan ekonomi sebesar 7,4% pada tahun 2013 ini.

Salah satu sektor yang sangat berperan didalam pencapaian target pertumbuhan diatas adalah sektor Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah yang memerlukan langkah-langkah penguatan daya saing produk dan penguatan pasar dalam negeri. Dengan kontinuitas kegiatan melalui pameran dagang berskala nasional dari kegiatan tersebut, diharapkan dapat mengatasi rendahnya akses produk hasil terhadap pasar dikarenakan masih banyaknya rintangan dan minimnya jaringan pasar yang memadai.

Expo Koperasi dan UMKM merupakan pameran dagang berskala nasional yang akan menampilkan berbagai hasil produk dan industri yang memiliki keunggulan kreatif, unik dan prospektif dalam persaingan global baik dari kalangan usaha kecil, menengah maupun Koperasi dari seluruh nusantara serta industri jasa dari dunia perbankan dan lembaga keuangan non bank.

Partisipasi dan keikutsertaan para pelaku usaha pada pameran ini diharapkan akan dapat membuka akses bisnis dan jaringan lebih luas dalam rangka memperkuat daya saing dan membangun pasar dalam dan luar negeri.

Peserta pameran terdiri dari perbankan dan lembaga keuangan non bank, koperasi dan usaha mikro kecil menengah, Badan Usaha Milik Negara/ Badan Usaha Milik Daerah dan usaha mikro kecil menengah binaan badan usaha milik negara, serta CSR, Dinas/Instansi dilingkungan Pemerintah Provinsi Jawa-Timur dan provinsi lain seluruh Indonesia.

Untuk jenis produk yang dipamerkan adalah hasil pertanian, perikanan, peternakan dan perkebunan, hasil olahan makanan dan minuman, hasil produksi industri kerajinan dan produk kreatif, tehnologi kemasan produk makanan dan minuman-produk, pembiayaan perbankan/ lembaga keuangan non bank, layanan konsultasi pembiayaan dan kewirausahaan.

Selain itu juga digelar seminar dan forum bisnis yang diikuti oleh peserta pameran, dinas, instansi, perbankan, lembaga terkait, serta pelaku usaha koperasi/UMKM non peserta pameran yang nantinya akan memberikan wawasan pengetahuan didalam upaya menumbuhkan nilai – nilai kreatifitas dan kualitas serta upaya pengembangan jaringan pasar.

Expo ini diselenggarakan untuk memperoleh pembeli/ buyer terhadap produk-produk Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Membuka akses pasar yang seluas-luasnya bagi hasil produk dan perdagangan para pelaku usaha dari kalangan koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah ke pasar global merupakan tujuan utama kegiatan ini.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk meningkatkan omzet penjualan produksi koperasi dan usaha mikro kecil menengah, membantu usaha mikro kecil menengah dalam perbaikan mutu produksi dan meningkatkan informasi pasar. Dari kegiatan tersebut diharapkan akan menjadi media promosi bagi produk-produk unggulan daerah,seperti produk ekonomi kreatif,yang sebagian besar dihasilkan oleh usaha mikro kecil menengah dari seluruh Indonesia, sekaligus memberikan peluang kepada para pelaku usaha dalam memperluas jaringan kemitraan yang saling menguntungkan.

(Sumber: Kabarbisnis.com)

Komentar Pembaca

  1. saya wakil perusahaan pt.duta sarana mediatama yg bergerak di bidang KAMUS ELEKTRONIK mw mengajukan keikutsertaan dalam setiap pameran yang diadakan BAPEMDA jatim ,untuk syarat keikutsertaan mohon infoin di email saya bukhori_ali@yahoo.co.id

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2017. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim