Tinggal Tunggu Waktu, Koperasi Bisa Bangun Pabrik Fiber Semen

Maket Pabrik fibre cement board (FCB) di Mojosari, Kabupaten Mojokerto

Seiring meningkatnya performa Koperasi Warga Semen Gresik (KWSG) di Jawa Timur hingga memperoleh prestasi tingkat dunia, seiring juga meningkatnya usaha distribusi bahan-bahan bangunan, selain menambah jumlah gerai KWSG juga berencana membangun pabrik fiber semen/fibre cement board (FCB) di Mojosari, Kabupaten Mojokerto. Pembangunan ini merupakan rencana strategis untuk memperlancar pemenuhan komoditas bahan bangunan terhadap para mitra bisnis yang terus bertambah volumenya.

Dengan dimilikinya pabrik fiber semen, maka KWSG tidak menghadapi ketergantungan pasokan bahan bangunan itu dari pabrikan sekaligus dapat memperoleh nilai tambah tersendiri. Permintaan fiber semen cenderung meningkat. Sedangkan volume pasokan dari pabrikan hanya 75% dari order. Maka sudah pasti masih banyak yang belum terpenuhi.

“Profit margin fiber semen rata-rata 9%, sedangkan volume penjualannya dari tahun ke tahun ada kenaikan rata-rata 25% dan diperkirakan pada 5 tahun mendatanng permintaan komoditas tersebut mengalami pertumbuhan cukup besar,” ungkap Ir. Edi Kartika, Ketua Pengurus KWSG.

Edi menyebutkan, kapasitas pabrik fiber semen yang dirancang tersebut akan berkapasitas produksi 86.000 ton per tahun. Untuk mendirikan pabrik fiber semen itu KWSG juga telah memiliki lahan seluas 5,6 hektare. Total investasi yang dibutuhkan merealisasikan pabrik tersebut senilai Rp230 miliar, dan sebesar 75% berasal dari dana pinjaman bank dan sisanya dana internal KWSG.

Menurut Kepala Proyek FCB Plant KWSG, Soetjipto, tender proyek pabrik tersebut dibuka pada Desember 2013 dan pada awal Januari 2014 ditargetkan telah ada pemenangnya. “Pembangunan pabrik fiber semen akan berlangsung selama 1 tahun, sehingga pada 2015 sudah dapat dimulai produksinya,” paparnya.

Terwujudnya pabrik itu kelak diyakini akan mampu mendongkrak lagi omzet KWSG, mengingat pendistribusian bahan bangunan merupakan bisnis utama koperasi tersebut. Dampak positifnya, SHU pun bisa meningkat untuk kesejahteraan anggotanya.

Dengan terus meningkatnya kinerja KWSG, maka diyakini koperasi kebanggaan Jawa Timur itu akan dapat mempertahankan predikatnya sebagai 300 koperasi besar dunia. (idi)

5 Komentar Pembaca

  1. Malam Pak. Saya laki-laki usia 29 thn,alamat jln panglima sudirman Gg X no:06 RT 03 RW 01 SIDOKUMPUL-GRESIK tlpn 085785725258 / 082257221758.Saya mantan PT.ETERNIT GRESIK 5thn bagian QC PROSES KONTROL.Saya mau ngajukan surat permohonan lamaran di fiber cement KWSG,tp saya kurang tau nama PT nya dan alamat yang ditujuh. Terima kasih atas waktuny dan mohon informasinya ya Pak…..

  2. Yang di mojokerto itu tempatnya di desa saya

  3. 17 September 2015
    Semoga acara pembukaan & peresmian nanti lancar, tidak ada halangan apapun, dan menjadi pabrik yang besar. amien

    Good Luck KWSG

  4. Cara ngelamarnya bagaimana..mohon infonya pak

  5. Salam Sejahtera…
    Perkenalkan saya Deny dari PT. Alpha Utama Mandiri Surabaya. Perusahaan kami bergerak di bidang suplayer mesin untuk pabrik Playwood. Seiring dengan berkembangnya bisnis kami, maka kami membuka peluang usaha untuk penyediaan mesin line produksi Fiber Semen dan WPC Board..

    Bila Bpk/Ibu ingin mengetahui informasi lebih lanjut, bisa menghubungi ke no HP 081330260795.

    Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim