Mengeruk Untung Andai JLS Cepat Rampung

Hasil tangkapan nelayan di sendang biru Kab. Malang

Memiliki potensi besar, namun belum tergarap maksimal. Itulah wilayah Malang Selatan. Potensi perikanannya sangat besar. Namun sayang, belum dilengkapi pelabuhan perikanan memadai. Pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLS) yang sedang digarap adalah harapan baru untuk mengeruk potensi yang tidak maksimal itu.

Potensi ikan di wilayah perairan sejauh 200 mil dari bibir pantai ini sangat tinggi. Tidak kurang dari 80 ribu ton ikan segar. Di antara ikan yang bisa dipanen nelayan adalah cakalang, tongkol dan tuna. Bahkan juga rumput laut, ikan hias, dan terumbu karang. Potensi tangkapan ikan laut di pesisir laut Selatan Kabupaten Malang rata-rata mencapai 403.444 ton per tahun. Namun saat ini baru tergarap dengan baik sekitar 9.500 ton per tahun atau hanya 2,4 persen dari keseluruhan potensi yang ada.

Dengan potensi besar itu, hingga saat ini, di sana hanya ada tiga tempat pelelangan ikan. Masing-masing di Licin Ampelgading, Sendangbiru dan Tirtoyudo. Padahal setiap hari truk-truk pengangkut ikan hilir mudik dari Malang atau Lumajang untuk mengambil ikan-ikan hasil tangkapan nelayan dalam jumlah besar.

Di sana, selain ikan tuna, ikan laut hasil tangkapan nelayan terdapat juga ikan cakalang dalam kondisi istimewa. Pada hari biasa, satu kapal bisa menangkap 1,5 ton hari. Ikan tongkol kecil 5-10 ton per hari. Ikan tengiri 100 kg per hari, juga ikan layang dan anakan tuna.

Masa panen ikan tuna adalah April hingga Desember. Sekarang ini adalah panen-panennya ikan tersebut. Harga tuna dipasaran mencapai Rp 57.000/kg.

Desa Sendang Biru berikut Pantai Sendang Birunya adalah sebagai pusat perikanan laut. Ini cukup ditunjang oleh Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Pondok Dadap yang diresmikan Juli 2010 silam.

Sebelumnya, pelabuhan satu ini hanya pelabuhan pendaratan ikan. Baru kemudian tahun 2005 dikembangkan menjadi pelabuhan perikanan pantai. Yaitu pelabuhan kelas C di bawah pengelolaan UPT PPP Pondok Dadap Sendang Biru Dinas Perikanan dan Kalautan Provinsi Jawa Timur.

Itu baru bicara ikan. Belum bicara soal keindahan lautnya. Bahwa, Pantai Sendang Biru cukup terkenal bagi masyarakat Jawa Timur. Ia menjadi obyek wisata yang mampu menghasilkan pengunjung dalam jumlah besar. Jaraknya adalah 69 km dari Kota Malang. Kini menjadi salah satu ikon wisata pantai di Kabupaten Malang. Objek wisata pantai lain di Kabupaten Malang yang juga punya pamor bagus di antaranya Pantai Ngliyep.

Pantai Sendang Biru memiliki masyarakat nelayan 1.000 orang. Dukungan armada angkutnya 300 kapal. Ukuran sedang dan kecil. Di antaranya sekoci, pleret dan payang. Setiap hari setidaknya kapal ukuran 30 sampai 10 grass ton (GT) dan puluhan kapal jukung mendarat di PPP Pondok Dadap.

Selain nelayan Malang sendiri juga banyak nelayan andon dari Banyuwangi, Pacitan, Sulawesi dan Kalimantan yang mendarat dan menjual hasil tangkapannya di PPP Pondok Dadap. (*)

Komentar Pembaca

  1. mau tanya jam berapa biasanya pelelangan di mulai?
    sekarang hrga tuna,cakalang,tongkol per kilo berapa?
    thank’s

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim