Koperasi Susu Peroleh Bantuan Alat Sterilisasi

Koperasi susu

Koperasi di Jawa Timur bakal mendapat bantuan peralatan sterilisasi guna meningkatkan pengolahan susu segar dari sebelumnya yang hanya pasteurisasi.

Sulistiyanto, Ketua Bidang Usaha Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI) Jawa Timur, mengatakan bantuan peralatan tersebut berasal dari kementerian perindustrian.

“Koperasi mana saja yang akan mendapat bantuan tersebut masih akan dilakukan survei. Untuk sementara peralatan yang akan diberikan jumlahnya empat unit,” kata Sulistiyanto di Malang, Senin (4/11/2013).

Setidaknya koperasi yang akan mendapat bantuan adalah yang sudah punya pengolahan pasteurisasi, seperti di Malang dan Pasuruan.

Dengan adanya bantuan tersebut maka susu yang dihasilkan koperasi nantinya sudah steril. Harapannya dengan bisa memroduksi susu secara steril maka akan meningkatkan kapasitas usaha koperasi.

“Dalam hal ini koperasi bisa menghasilkan susu untuk mendukung program pemerintah daerah yakni susu masuk sekolah,” jelas dia.

Melalui program susu gratis masuk sekolah maka produksi susu koperasi bisa tertampung dengan baik. Selain itu jika koperasi bisa memproduksi susu yang steril, maka juga akan memberikan kontribusi positif kepada pemerintah daerah melalui pajak.

Harapan ke depan koperasi bisa menjadi seperti industri pengolahan susu (IPS) sterilisasi. Hanya saja untuk bisa menuju ke arah itu perlu dilakukan anasisis kelayakan dan detail engineering design (DED).

Tri Yuni Hendrawati, Konsultan PT Petrowidia Jasantara mengatakan anasisis kelayakan dan DED perlu dilakukan karena sebagian besar komoditi susu segar di Jawa hanya diserap oleh IPS skala besar.

“Karena itu pemerintah dan instansi terkait harus memasilitasi berbagai kemudahan antara peternak, koperasi, dan IPS,” tambah Tri.

(Sumber: bisnis-jatim.com)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 3053. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim