Tikar Lipat Lamongan Serap 2000 Pekerja

Besarnya kebutuhan alas lantai di Jawa Timur/Jatim mendorong industri yang bergerak di bidang produksi tikar lipat terus meningkatkan kegiatan usahanya. Usaha semacam ini banyak dijumpai di Lamongan. Pabrik-pabrik skala kecil di kawasan ini selain sudah beroperasi puluhan tahun juga mampu menyerap tenaga kerja hingga 2000 orang.

Pengrajin tikar lipat Lamongan

Bahan baku yang digunakan berupa benang polipropilena (PP) dan tali rafia. Bahan-bahan tersebut kemudian diproses menggunakan alat tenun bukan mesin (ATBM) menjadi tikat lip

at. Disebut tikar lipat disebabkan produk tersebut dapat dilipat, berbeda dengan tika dari bahan lain yang lazim digulung. Selain tikar lipat,bahan baku tersebut juga dapat diproduksi menjadi aneka barang seperti hiasan dinding, tas, keset.

Harga jualnya cukup terjangkau. Produk tikar lipat dijual dengan harga berkisar Rp 46.000 – Rp 80.000 per lembar ukuran 2 meter x 3 meter sesuai jenis bahan bakunya. Sedangkan keset Rp 8.000 per buah. Dengan tingkat harga sebesar itu, maka produk asal Lamongan cukup kompetitif menghadapi produk alas lantai yang berbahan baku lain.

Tikar lipat yang siap untuk dijual

Minat konsumen, terutama pembeli domestik, terhadap produk tenunan itu tidak pernah mengendur, terbukti UKM tikar lipat di Lamongan masih eksis. Untuk menjangkau pasar hingga ke pelosok, para produsennya menggunakan pick up.

Salah satu produsen tikar lipat di Kota Lamongan yang menjalankan kegiatan usaha tersebut sejak lama adalah H. Badri, 52 tahun, yang menghasilkan aneka produk dengan merek dagang Elresas.

“Kami telah menjalankan usaha ini sejak 1992, untuk meneruskan usaha yang dirintis ayah sejak bertahun-tahun sebelumnya,” tutur Badri di pabriknya belum lama ini.

Semula usaha itu memproduksi sarung, kemudian beralih ke tikar lipat dengan sedikit memodifikasi peralatan produksi yang digunakan. Hal itu didasarkan besarnya peluang bisnis tikar lipat.

Badri menjelaskan memproduksi sarung dan tikar lipat sama-sama menggunakan bahan baku benang, tetapi jenisnya lain. Benang untuk sarung berupa katun dan mercerized serta sutera. Sedangkan bahan baku tikar lipat adalah benang PP serta tali rafia.

“Tidak sulit untuk mendapatkan bahan baku benang PP maupun tali rafia, karena produk tersebut buatan dalam negeri.Kami membeli dari pabrik karpet di Surabaya dan dari Jawa Barat,” tuturnya.

Harga beli bahan baku benang PP saat ini Rp30.000 per kg. Benang dari pabrikan tersebut terdiri dari aneka warna, merah, hijau, biru, hitam. Untuk itu, Badri tidak perlu mewarnai seperti tatkala memproduksi sarung, dimana bahan baku benang dari pabrikan belum ada warnanya yakni putih.

Secara ringkas, proses produksi tikar lipat atau keset menggunakan benang PP meliputi rewending, pemintalan, penggulungan, penenunan dan terakhir dijahit. Ukuran tikar lipat adalah 2 meter x 3 meter.

Serap 2.000 pekerja

Ditanya tentang volume produksi tikar, Badri menyebutkan bahwa setiap hari rata-rata mencapai 1.000 lembar tikar yang melibatkan sekitar 2.000 tenaga kerja di perdesaan. Umumnya tenaga penenun adalah para petani yang menenun di sela-sela kegiatan bertani, sehingga ATBM-nya dibawa ke rumah masing-masing.

“Seorang penenun bisa merampungkan 10 lembar tikar dalam jangka 3 hari dengan upah Rp60.000,” kata Badri.

Sedangkan para pekerja bidang pemintalan mauupun penggulungan benang serta penjahitan tikar banyak dilakukan di tempat produksi di Kota Lamongan.

Untuk memperlancar kegiatan produksi, Badri melakukan pengadaan bahanbaku benang yang mencukupi kebutuhan hingga 2 bulan. Sedangkan kebutuhan Badri setiap bulan sebanyak 15 ton benang PP, belum termasuk jenis benang lainnya.

Menurut Badri, persaingan bisnis tikar lipat cukup ketat sebab di Lamongan sendiri terdapat sejumlah produsen alas lantai itu. Belum termasuk produsen di kota lain di Jatim seperti di Malang. Untuk itu, harus membuat terobosan pasar yang didukung tim pemasar yang andal.

“Kami mengoperasikan 4 unit pick up agar dapat memperluas pemasaran hingga pelosok, terutama memasok ke toko-toko pengecer maupun agen,” ungkapnya.

Sejauh ini, penjualan tikar lipat maupun keset menjangkau Pulau Jawa serta Indonesia bagian Timur melalui pedagang di Surabaya. Selain itu, juga ke Sumatera.

Badri enggan menyebutkan omzetnya secara tepat. Namun, keberlangsungan usaha yang digelutinya sejak lama itu menunjukkan bahwa kegiatan produksi tikar lipat cukup menguntungkan, sekaligus mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar.

(Laporan Rizky Primadiyatna & M. Cahya / Fotografer Rizky Wijaya)

37 Komentar Pembaca

  1. Wah, . . Cocok tuh Tikernya Buat di Kost’an, . .

  2. maaf, jika hendak menjadi agen, apakah bisa? saya kebetulan adalah sales luar pulau, jika berkenan, mohon bantuan alamat dan nomer yg bisa di hubungi. terima kasih

    • u jd Agen..Sy jg pengin tau alamat/nmr telp.nya,terimakasih

  3. saya bikin rafia ingin masok kebutuhan tikar lipat gimana HP.085 232 773 745 trimakasih dari madiun

  4. sy pengen jd supplyer pak hj badri apa bs ya ? kebetulan sy produksi tali rafia netral sm hitam . trms hp ku 085230086366.

  5. prmisi
    sy mau menawarkan benang plyster ukuran 150/48
    jika bpk berminat hubungi 081331917684
    UMAR SAID driyorejo gresik
    d jamin hrg murah ada dua warna hitam dan putih

  6. pk saya mau pesen tikar nya mai tanya alamat di lamonganya mna?

  7. pingin jual tikar produksi pak haji bagaimana caranya? Makasih

  8. Kalau ada yang tahu alamat agen diwilayah kota surabaya tolong beritahu kami,tks.

    • hubungi 085851830498

  9. Aku penasaran dengan produk tikarnya…gimana ya caranya menghubungi atau kepingin langsung lihat barangnya…jujur aja aku tertarik banget… 085333388808

  10. Aku suka barangnya…kepingin langsung lihat produknya truz dimana aku harus bisa liat. Trim,s 085333388808

  11. assalamualaikum pak haji. saya ingin jadi agen nya pak , alamat saya di LAGZIS PEDULI jalan durian no 52 e, 0761 42253,, hp 085271432782 ,, pekanbaru ,RIAU

  12. good, kreatif, bisa donk belajar berbagi ilmu
    085250365429

    • tolong alamt di lamongan dimana dan kontak person

  13. Pak bisa gabungkan dengan bisnis home industri ini,,,
    rumah saya bojonegoro
    ni nomor hp. 0857 3101 9279

  14. bagi yang membutuhkan tikar lipat bisa hubungi saya di 085851830498

  15. saya bisa ikut kerja d tempat bapak kah?

    • Mohon informasi no telp pengrajin tikar di Lamongan. Terima kasih

  16. pak h badri saya produksi tali rapia bapak saya bisa kasih harga bapak khusus karena kami produksi dari bahan utamanya rapia ya itu sak2 bekas hingga jadi tadi rapia kalau bapak berkenan bisa minta alamat sama no hp mohon kirim ke email saya atau hub hp saya bapak 081331294559

  17. UD.Sumber Makmur, Babat – Lamongan jawa timur. telf : 085733878452 -082301228404

  18. wah sip kalo pesan banyak minta merek sendiri bgmn bs tdk pak, trims 082227610801

  19. Assalamualaykum pak haji saya memiliki usaha pembuatan tali rafia domisili saya di surabaya….apa bisa saya menjadi rekanan pak haji untuk mensuplay tali rafia..jika pak haji berkenan bisa menghubungi saya di no.hp 087855587796…terima kasih wassalam

  20. saya punya benang PP murah untuk bahan tikar. hub 082139591448

  21. bisa ga mau jadi agen ?harga brp ya grosirnya

  22. Aku juga suka ..kok

  23. kalau untuk ekspor gimana pak?? bisa kah?? saat ini saya sedang mencari produsen tikar baik pandan ataupun rafia utk ekspor ke Eropa.
    kalau bisa mohon hubungi saya di :
    0271 -6726356
    087.812.633.352

    • Saya produsen tikar pandan..sdh sering di pesan untuk ekspor Bisa hub 081359299223

  24. Saya mau jadi agen bisa gak saya pesan minimal berapa ya kalau di kirim ke bekasi harga+ongkir 087877865014

  25. Gmn jd agen na pak…hubungi Kmn pak…

    • Yang butuh tikar lipat bisa hub. 081359299223

  26. U2 jd agen alamat / no tlp yg bisa dihubungi brapa…?

  27. untuk bs jd agen gmn ya pak? 085255840026

  28. untuk jd agen gimana ya pak? 085255840026

  29. Saya mau cari tikar paling dikit 500pcs/bln
    Hbngi 081288448060

  30. Pak mohon info… kalao sy mau jd agen utk jual tikar lipat lamongan gimana caranya pak… brp harganya..mohon info pak..trims

  31. Saya juga mau jadi agen.
    Hubungi saya 0877 89 14 16 09

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim