Kiat Industri Gula Kelapa Blitar Siasati Pasar

Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar, selama ini dikenal sebagai sentra industri gula kelapa Jawa Timur. Bertahun-tahun sebagian penduduk di kecamatan ini memproduksi gula kelapa secara tradisional.

Gula kelapa yang sudah siap jual

Sanankulon dan sekitarnya menjadi sentra gula kelapa karena ditunjang dengan banyaknya pohon kelapa di lokasi ini. Sentra gula kelapa di Kecamatan Sanankulon berada di Desa Sumberejo. Jumlahnya mencapai 264 unit usaha, sedang yang berada di Dusun Jeding sedikitnya 13 unit usaha.

Industri gula kelapa tradisional umumnya dijual dalam bentuk cetakan tempurung buah kelapa. Per biji seberat 1 kg dan 1,5 kg. Tetapi sejak tahun 2001 Slamet Riyanto, salah seorang perajin gula kelapa di Desa Sumberejo, melakukan diversifikasi bentuk cetakan. Yaitu, ukuran kecil-kecil dengan bentuk pipih, silinder dan tempurung. Masyarakat setempat menamainya ceper, bumbung, dan ceplik. Dengan ukuran kecil ini 1 kg gula kelapa terdiri atas 37 butir.“Bentuknya kecil-kecil, unik dan diminati pasar,”kata Masrukin B. Murtadlo, putra Slamet Riyanto.

Slamet Riyanto biasa menjual dalam kantong-kantong plastik bobot 10 dan 15 kg. Harga per kg-nya Rp 7.800. Sedangkan harga gula kelapa ukuran tempurung kelapa harganya Rp 7.300/kg. ”Kalau orang mau membeli yang ukuran kecil-kecil setiap kg-nya dikenai nimai tambah Rp 500,”kata Masrukin.

Gula kelapa ukuran kecil tersebut sejatinya gula kelapa ukuran tempurung yang didaur ulang. Slamet Riyanto membeli dari petani dalam ukuran tempurung kelapa berat 1 kg. Setiap dua hari sekali Slamet mengambil di Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar. Gula kelapa dari petani kemudian dimasak lagi, dicampur gula pasir, lalu dicetak dalam ukuran kecil-kecil.

Prosesnya, gula kelapa dari petani direbus di wajan besar. Terus diaduk hingga 30 menit. Setelah itu dituangkan di cetakan sesuai bentuknya. Tidak sampai 15 menit gula dalam cetakan sudah mengeras dan tinggal dipak di plastik.

Pengrajin gula kelapa

Menurut Masrukin, diversifikasi bentuk ini merupakan salah satu upaya untuk menyiasati pasar. Disebabkan semakin mahalnya harga gula kelapa, salah satu penyebanya karena persaingan dengan gula merah yang bahan bakunya dari tebu, pasar menilai harga gula kelapa terlalu mahal. ”Akhirnya, sejak tahun 2001 kami memproduksi gula kelapa dalam versi lain, yaitu ukuran kecil-kecil,” ujarnya.

Terlebih gulo abangyang bahan bakunya dari tebu, yang selisih harganya lebih murah dibanding dengan yang bahan bakunya dari kelapa. Per kg selisih harganya bisa mencapai Rp 1000. Secara fisik sama, yaitu dalam ukuran batok kelapa dan ada juga ukuran kecil-kecil. ”Konsumen tidak melihat kualitasnya, yang penting sama dan harganya lebih murah, meski secara rasa lebih enak gula kelapa,” kata Masrukin.

Gula kelapa dalam ukuran kecil-kecil harganya Rp 7.800/kg. Masrukin membeli di tingkat petani Rp 7.100/kg. Setiap satu kg-nya Masrukin menambahkan Rp 500 sebagai biaya beli kayu pembakaran, ongkos tenaga kerja dan plastik kemasan. “Pokoknya tidak rugi,” tandas pria yang juga mengajar bahasa Indonesia di SMKN I Kademangan dan Unisba Blitar ini.

Gula kelapa ukuran kecil-kecil ini ternyata diminati pasar. Pertimbangannya praktis. Dulu, sebelum diproduksi ukuran kecil-kecil, bila ada konsumen yang hanya membeli ¼, pedagang terlebih dahulu harus membelah. Sekarang tidak. Pedagang bisa menjual butiran. Kemasan kecil-kecil ini juga banyak yang dijual di swalayan.

Permintaan pasar atas gula kelapa terus meningkat. Dalam satu hari, maksimal Masrukin bisa memproduksi antara 3 s.d 4 ton, atau rata-rata 2 s.d 3 ton. Sementara kebutuhan pasar bisa lebih dari itu. Pasar hampir merata di Jawa Timur dan sebagian Jawa Tengah. ”Di Tuban saja, kalau musim kemarau, dalam sehari permintaan bisa mencapai 3 ton, sedangkan Pati (Jawa Tengah) bisa 5 ton per sekali kirim,” kata Masrukin. Supaya tidak terjadi kekosongan pasar, maka Masrukin harus pintar-pintar membagi pengiriman.

“Pengiriman di satu daerah dilakukan 2 hari sekali. Misalnya hari ini untuk Babat, besok untuk Lamongan, lusa untuk Tuban, begitu seterusnya sehingga pasar tidak sampai kosong,” ujarnya. Gula kelapa dapat bertahan hingga satu tahun tidak mencair.

Musim pembelian ramai ketika Ramadan. ”Mulai dari menjelang Ramadan sampai kur-kuran (di atas tanggal 20 sampai 30) permintaan gula kelapa cukup tinggi,” katanya. Bila permintaan tinggi, tidak jarang Slamet Riyanto harus meminta tolong tetangga-tetangganya untuk memasak. ”Kami membayar jasa cetak, mereka modal tenaga dan kayu bakar,” ujarnya.

Diakui, saat ini penjualan gula kelapa sedang drop. Harga Rp 7800/kg saja menurut Masrukin agak berat. Karena itu, Slamet Riyanto juga memproduksi gula merah dari tebu. Gula tebu tersebut juga dicetak kecil-kecil. Per kg Slamet Riyanto menjual Rp 6200 untuk kualitas super.

Slamet Riyanto membeli bahan baku gula tebu dari industri gula tebu rakyat di Tulungagung. Bahan baku ini dibeli dalam bentuk tempurung kelapa. Sama halnya dengan proses daur ulang gula kelapa, gula tebu ini juga direbus kemudian dicetak dalam ukuran kecil-kecil lalu dijual dalam kantong 10 kg dan 15 kg.

Pembelian gula tebu belakangan juga mengalami kesulitan lantaran permintaan tinggi sementara ketersediaan bahan baku terbatas. Dipercaya, gula merah dari tebu  di Tulungagung dan Kediri kualitasnya lebih bagus daripada tempat lain. Itu sebabnya industri gula merah dari Jawa Tengah dan Jakarta menyerbu Tulungagung dan Kediri. Di tingkat pabrikan ini harga standar Rp 5000/kg, tetapi karena barang terbatas ada yang berani membeli Rp 5100 sampai Rp 5200/kg.

”Bukan pemandangan aneh kalau ada yang sekali ngambil sampai 2 hingga 3 truk. Pokoknya, hampir 80% gula tebu yang diolah kembali ngambilnya dari Tulungagung dan Kediri,” ujarnya. Masalah lain bila sudah musim giling tebu, hampir sebagian besar tebu tersedot ke pabrik gula.

Meski pasar lokal agak seret, tetapi permintaan gula kelapa tetap tinggi, terutama dari daerah di luar Tulungagung, Blitar dan Kediri.

(widi kamidi)

78 Komentar Pembaca

  1. Salam agro,sy huda,sy pengen berkomunikasi langsung dg juragan,kira2 no hp yg bs saya hubungi brapa ya? Trima kasih

    • NIH PAK AKU PUNYA GULA JAWA DARI PACITAN 1KG: 10.000 KUALITAS BAGUS…
      HP.087751760024

    • pa saya mau pesan 100 ton per minggu ..
      kalo boleh saya bisa saya minta alamata sama no telfonnya.

      • kami ada gula kelapa bnyak pk.. minta no tlp yg bisa dihubungi pak.. no kami 081321355381

      • GULA MERAH KELAPA MURNI,PRODUKSI 20 TON/MINGGU,HRG 14rb/kg (bisa nego)
        nama ; feri,jember
        asal ; jawa timur
        PHONE /WHATSAPP : 082234723021
        email : ekoferibudiharjo@gmail.com

  2. pak hrga gula mera yg asli klapa brp perkgx,butux 1ton

    • 1kg: 10.000
      hp. 087751760024

  3. harga sekarang berapa gula merah kelapa? dalam bentuk batok an–,klo hrga cocok sya butuh 3ton/minggu

  4. nmer saya 085648179279

    • Saya punya stok gula merah banyak,,gula merah saya bentuknya bato kan,saya bisa mengirimkan sekitar 30 ton/minggu sesuai yang anda minta.harganya bisa nego.
      Untuk info hubungi: 087718973032/0856983612917.

      • kalau gula kelapa yang super harga berapa….kalau harga masuk aq bisa ambil/minggu 5-10 ton….

  5. salam kenal…

    saya andi budiyanto..alamat di jl. bukit bringin asri blok A gang 8 no. 194 ngalian semarang. saya merupakan suplyer bahan baku di wilayah semarang dan sekitarnya, saya ada tender order gula kelapa dan tebu nonsulfit…/ minggu kurang lebih 20 ton dan continew, mohon saya diberikan harga penawaran terbaik untuk pengadaan gula tebu tersebut DAN BAGAIMANA PROSEDURNYA…atas perhatiannya saya sampaikan banyak terima kasih….

    no. HP 085727036587 dan 02470368352…onn terusss…

    • untuk gula kelapa gimana pak apa msh membutuhkan sy dari banyuwangi untuk saat ini tgl 26-4-1024 harga 6500 dapat menghubungi sy di no 081937968677

  6. salam sejahtra.sy ada gula tebu ukuran batok kelapa 10 ton per mingu klo juragan butuh hubungi sy hp 082233863117 trim.

  7. assalam mualaikum …..
    saya punya gula kelapa asli minat hub 085223827000

  8. jika anda semua kekurangan stok gula merah asli,dengan harga murah hubungi saya : 087718973032/085693612917.
    jika pemesanan banyak hargapun bisa nego..

    • saya mau menawarkan stok Kelapa super.. nego nanti saya sms ibu.

  9. Saya selalu butuh saja gula aren atau mau juga coba produksi pake gula kelapa , asikkkk kok..’ Pake nama bandrek yang lain..sih.. tapi tidak banyak pake nya sesuai saya mau buat berapa banyak bandrek jahe merah nya..

  10. Saya selalu butuh saja gula aren atau mau juga coba produksi pake gula kelapa , asikkkk kok..’ Pake nama bandrek yang lain..sih.. tapi tidak banyak pake nya sesuai saya mau buat berapa banyak bandrek jahe merah nya. Hp saya 081511003871 dan pin bb nya… 277887D8 …

  11. Sy joko dr kdr,untk gula ceplik skrg hrg brp?sy bth trs, mksh

  12. 085649331099

  13. sy butuh 5 ton/bln gula kelapa asli tuk bahan es dawet…

    mhon diinfo ke no. 085850204617/03172013137/087702427737

  14. saya butuh banyak sekali, gula kelapa dan tebu kl ada kedele hitam silahkan email ke saya : rizkiyangceria@rocketmail.com bagi yang punya terima kasih

    • pabrik kecap kah???alamat mn?

  15. Permisi,kmi punya BS permen dri pbrik,brangkali dibthkn untk cmpran gula merah,kmi siap ngrim,hub 087750022000.
    Brngx bnyk sktr 10ton

  16. Permisi,kmi punya BS permen dri pbrik,brangkali dibthkn untk bhn gula merah,kmi siap ngrim,hub 087750022000.
    Brngx bnyk sktr 10ton

  17. saya butuh gula merah dari kelapa yang buat rujak, kalo di tekan ulekan lunak. tolong sms ke 082172683761 butuh banyak

    • alamatnya mana ya??

  18. mau gula merah kelapa ponggok aku punya hari ini 10700/kg…085707036553…buat rujak ok.dawet mantap…sambel pecel siiiipppp…monggo..aku supplier gula d pasar wlingi blitar..

  19. assalamualaikum..
    saya dari lamongan ingin tanya gula pasir dari tebu harganya berapa perkilo gram..

    saya membutuhkan banyak. untuk info tlong hub: 08570711035
    atau email : joss_setya@yahoo.com.

  20. Yang membutuhkan gula merah atau gula jawa silahkan kontak saya di

    Hp/SMS/WA : 087794589066

    Website >> http://jual-gulamerah-kelapa.blogspot.com

    Terima kasih,

    Arif Triadi

  21. saya adastok kelapa, bagus untuk bahan gula… harga bisa miring, bisa nego… nmr saya 085707893060

  22. Dalam sebulan saya supply 25 ton gula merah cetak dan 25 ton gula merah serbuk. Silahkan yang mau order. Posisi saya di daerah Purbalingga, Jawa Tengah.

    Kunjungi blog saya >> http://jualgulamerahjawa.blogdetik.com/ dan https://jualgulamerahjawa.wordpress.com/

  23. adakah yg punya gula merah dengan harga kisaran 7500/kg dan siap antar ke jabar saya butuh 50ton /minggu namun untuk awal tolong kirim sample….dan trail awal 10 ton..maaf kira2 ada yg punya kah??/

    • Jk berminat, gula merah tebu (gula oyek / gula semut), bhan baku kecap, pemanis permen. hrga 7100 /kg. Lokasi di Malang, 082311188988

  24. hubungi saya di 087871213747

  25. saya dsurabaya butuh gula merah kelapa…. sehari 20 ton, silahkan hub,,,,,085755338880/085246638867. secepatnya

  26. yg mau order gula batok
    hub saya
    harga bersaing
    085815570723
    dari lumajang jatim

  27. assalamualaikum..

    jual gula batok kelapa
    bagi yg butuh
    bisa hub i saya
    minimal order 7 ton
    harga bersaing
    085815570723
    asli lumajang jatim

  28. salam untuk warga jati sukses semua untuk anda
    http://theraskinskincare.blogspot.com/

  29. assalamualaikum..
    salam kenal untuk warga jatim..
    http://jualjilbabanakgaul.blogspot.com

  30. 57D3E181 untuk sales pasuruan..silahkan invite yg punya barang gula jawa aren kelapa harga terjangko yg saya ambil

  31. Sy gak muluk2,ada yg mta 1 minggu 3 ton dsb,pertanyaannya ada duitnya gak!!!kl sy nawarin cetakan gula dr plastik bentuknya koin,min order 2 gross gak usah muluk2 brooo

  32. Buka di google ketik cetakan gula jawa.081901567843,pin 54900560 suwun.

  33. kami produsen dan penyalur gula merah dari kediri yang siap menjadi mitra usaha, terutama para penjual/sales gula merah di berbagai kota.kecuali kota sidoarjo dan mojokerto. syaratnya mudah. muslim, jujur, punya modal, memiliki pengalaman berdagang.

    • bagai mana caranya ?? 087761244711

    • Saya tertarik,bgmn sistem kerjanya ?081217121686

  34. kami mengedepankan transaksi langsung, untuk info lanjut hub. 081330248231

  35. Mungkin ada yg butuh Gula Merah Siwalan khas Madura. 081203044155

  36. Slm pgi. Sy butuh gula kelapa 4o ton seminggu untuk perusahaan sy. No bsa d hu 087879152261. Tks

  37. Assalam.wr.wb. Stok tersedia gula tebu Oyek, produksi lbh 25 pengrajn petani rakyat, kapasitas total sktr 20 ton /hr. Hrg 7100/kg.
    082311188988

  38. Saya siap stock gula kelapa ukuran batok kelapa, asli dan campur, 081330303548

  39. saya siap supply gula merah asli dalam bentuk batokan hub 081556662891 dari Blitar

  40. Mantaap, cek produk UNIK dari Kami di http://www.kayustigiasli.com/

  41. butuh gula kelapa murni perminggu 8-10 ton.. bgi yg punya harga murah silahkan hubungi 081239646477

  42. Wah saya tertarik juga nih.
    Kira-kira harga saat ini berapa ya?
    Trims.
    Budiman

  43. Saya produksi gula merah tebu di jember. Tanpa sulfit, tanpa benzoat. Manis tanpa ada rasa asin spt kebanyakan gula tebu yg beredar.. Untuk kualitas secara uji kimia & mikrobio saya buat sama seperti di perusahaan lama tempat saya bekerja dulu exportir gula semut di tempel, sleman dan sedayu bantul.. harga 8000/kg cetakan mangkok atau bentuk awur/bubuk..

    Mau dipakai untuk bahan baku kecap bisa, gula semut tebu (whole cane sugar/ sugar cane natural), bahan baku gula masakan bisa. Untuk bahan baku gula masakan saya sarankan ketika mengolah di campur dengan nira kelapa. Perbandingan nya 10 kg gula tebu non sulfit vs 2 liter nira. Gula yg dihasilkan akan di identik dengan gula kelapa..no hp: 081.6599.464 / 08.12345.28300 / 081.843.3878

    • boleh minta pin bb-nya?
      saya membutuhkan gula tebu cetak batok. kebutuhan kurang lebih 16ton/migg.
      mohon hubungi pin bb saya 5ACB1970

      terima kasih,

  44. 13000 perkilo gula kelapa asli tanpa campuran free onkir jawa tengah dan jawatimur
    08563666018

  45. saya bayu anggoro…dari blitar…barang kali ada yang mau jadi anggota koperasi saya boleh gabung…koperasi kami kusus untuk GULA RAFINASI … punya ijin jual GULA RAFINASI dari MENDAGRI… barang kali ada yang berminat dan menjadi anggota kami bisa hubungi saya WA / no . 085604595888…

  46. Sya punya gula merah kelapa murni… Harga 14500per kg siap kirim pulau jawa
    Lokasi banyuwangi hub 081216222296

  47. Ada penjual gula merah kelapa asli di daerah banyuwangi dan sekitarnya gak?
    Butuh gula merah kelapa asli
    Hub:082341183655

  48. sy pengusaha gula merah tebu dari kediri, menyediakan berbagai macam olahan/cetakan gula tebu, dr batok besar, tanggung,baterai n koin serta gl mawur.bg yg berminat bisa hub.085649331099.kepuasan anda prioritas kami

  49. saya ada gula merah kelapa harga saat ini 12.500/kg cetakan batok dan dakon. bagi yg minat hub 081314389525/ pin BB D39B54A0 lokasi jember jawa timur trims.

  50. Saya ada gula merah kelapa lumajang harga saat ini 12750/kg.bagi yg minat hub 081233572256…trims

  51. Yang perlu pasokan gula merah asli Rp. 12.500/kg monggo diorder hub : 0812 1537 0737 lokasi purwokerto. Harga belum termasuk ongkir. Wilayah banyumas free ongkir (min order 1 ton)

  52. Daftar Harga gula Merah Kelapa terbaru kunjungi http://www.Rafinasi.com

    • Hallo gula kelapa bs tlg dihibingin butih 100 ton

  53. Area karisidenan Kediri yg produksi gula aren daerah mana za gan

    • Gula aren,, 085736777713

  54. harga gula merah per kg berapa skarang untuk wilayah malang gan.

  55. kami produsen gula merah tebu tulungagung. Informasi produk hubungi 0822-4231-1988.

    pabrikgulamerah.com

  56. Saya butuh gula kelapa 100 ton atau lebih harga per kg kisaran 7500 bisa hibungin watapp 087775082828 segera penting

  57. Segera hubungin saya urgent saya baru buka pabrik kecap baru

  58. Bs tlg cepat dikabrin gula kelapa butuh cepat 100 ton pgs kirim cash harga 7.500.tx wa 087775082828 dan telp 02122557121

  59. Segera ya tlg dihubungin penting segera

  60. Saya daerah jakarta bs wa 087775082828 butuh 100 kg

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2018. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim