Industri Kreatif dalam Pertarungan Pasar Global

Budhe Karwo berdialog dengan seorang pembatik dari Kabupaten Pasuruan (foto: widi)

Kerajinan di Indonesia tak pernah bisa mati. Apalagi, Indonesia, memiliki kekayaan budaya yang begitu beragam. Industri kerajinan adalah industri yang memadukan keterampilan tangan dengan nilai seni dan keindahan yang merupakan bagian tak terpisahkan dari kebudayaan.

Di Jawa Timur – umumnya juga di seluruh Indonesia – kerajinan banyak diakrabi oleh usaha kecil dan menengah (UKM). Penopang paling kuat dalam UKM ini adalah kaum perempuan. Fenomena inilah yang membuat UKM-UKM di tanah air begitu perkasa meski di banyak sisi seringkali kedodoran terkait dengan  permodalan.

Kerajinan di Indonesia tak pernah bisa mati. Apalagi, Indonesia, memiliki kekayaan budaya yang begitu beragam. Industri kerajinan adalah industri yang memadukan keterampilan tangan dengan nilai seni dan keindahan yang merupakan bagian tak terpisahkan dari kebudayaan.

Di Jawa Timur – umumnya juga di seluruh Indonesia – kerajinan banyak diakrabi oleh usaha kecil dan menengah (UKM). Penopang paling kuat dalam UKM ini adalah kaum perempuan. Fenomena inilah yang membuat UKM-UKM di tanah air begitu perkasa meski di banyak sisi seringkali kedodoran terkait dengan  permodalan.

Fenomena ini juga terjadi di Jawa Timur. Tidak sedikit perempuan yang bergelut di UKM kerajinan, kemudian menjadi pengusaha yang tangguh seiring dengan meningkatnya skill (keterampilan) dan wawasannya. Sementara itu, pasar UKM kerajinan yang luas dan beragam, membuat industri ini mampu terus bertahan dan tumbuh di saat kondisi bisnis kurang cerah sekalipun.

Di luar fenomena tersebut, masih ada faktor lain yang membuat kerajinan menarik untuk dicermati lebih mendalam. Kebanyakan, UKM kerajinan dilandasi oleh sekadar hobi, sebagian lainnya karena sudah menjadi tradisi. Untuk itu, ke depan, Jawa Timur harus menggali produk-produk khas Jawa Timuran seperti batik-sulaman, kerajinan bamboo-kayu dan yang lainnya, serta membangun industri kerajinan berbasis ekonomi kreatif.

Industri kerajinan berbasis ekonomi kreatif merupakan lapangan kerja yang perlu digiatkan, diaktifkan dan didorong sebagai sumber pendapatan. Sebab itu sudah pasti tidak saja memerlukan sistem perencanaan, pengorganisasian dan pelaksanaan tetapi juga membutuhkan peningkatan pengendalian mutu, desain serta bantuan permodalan. Dalam rangka membantu mengembangkan ekonomi kerakyatan tersebut, maka perlu diciptakan kemitraan antara pengusaha dan perajin dengan pemerintah, pihak swasta, dan organisasi yang berhubungan dengan usaha pengembangan.

Industri Kreatif

Untuk mengangkat potensi perajin ke level yang lebih baik, berbagai lembaga terkait sangat dibutuhkan. Tidak saja menjadi fasilitator maupun mediator antara pemangku kepentingan di dalam negeri dengan pemerintah, tetapi juga sebagai institusi resmi yang mewakili Indonesia dalam komunitas world craft council.

Berbagai lembaga terkait tersebut harus bertekad membantu dan memfasilitasi kebutuhan para perajin dalam mengembangkan dan memasarkan produknya, khususnya mereka yang termasuk kategori pengusaha mikro atau UMKM.

Sampai saat ini Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jatim bersama dinas-dinas koperasi kabupaten/kota se Jatim tengah berupaya memfasilitasi para perajin untuk menggali, mengembangkan, dan melestarikan warisan budaya dalam berbagai corak dan ciri khasnya masing-masing. Sebab keragaman industri kerajinan di Jatim sangat potensial menjadi komoditas perdagangan yang memiliki daya saing tinggi dan tak kalah dengan produksi kerajinan negara lain.

Dalam kerangka industri dan perdagangan global, kerajinan harus terus didorong memenuhi standar kualitas dan tuntutan pasar. Domestik maupun internasional. Ini sangat penting, sebab jika industri kecil dan menengah berjalan sendiri-sendiri, tanpa jaringan yang kuat, niscaya tak akan mampu bersaing di pasar global.

Strategi yang perlu dibangun untuk bersaing di pasar global antara lain adalah melalui pengembangan design dan produk inovasi terbaru. Dengan design dan produk yang berkualitas, akan terbentuk standarisasi harga yang sesuai dan dapat merebut pasar perdagangan kerajinan di negara lain. Salah satu komoditi kerajinan yang mempunyai ciri khas budaya daerah yang mampu bersaing dalam pasar global tersebut adalah kerajinan batik.

Kekayaan budaya yang satu ini begitu dikagumi dan dikenal masyarakat mancanegara. Batik tidak hanya sebagai bahan busana, tapi juga sebuah artistik dari peradaban yang sangat tinggi. Di zaman nenek moyang, batik diciptakan dengan muatan filosofi rumit. Sekarang, meski sudah bergeser, filosofi tersebut tidak hilang begitu saja melainkan tetap muncul dalam khasanah kearifan lokal yang menjadi ciri khas atau pembeda darimana artistik batik tersebut berasal. Apakah dari Sumenep (Pekandangan), Sampang, Bangkalan (Tanjungbumi), Pamekasan (Propo), Gresik, Sidoarjo (Jetis dan Sekardangan), Porong (Kedung Cangkring), Mojokerto (Mojosari), Jombang, Kediri, Trenggalek, Pacitan, Banyuwangi, Bondowoso (Maesan), Lumajang, Tulungagung, Magetan atau dari Ponorogo.

Dari keanekaragaman motif batik bermuatan local wisdom yang mencerminkan karakter masing-masing daerah tersebut, muncul sebuah gagasan untuk menyatukan motif batik khas Jawa Timur. Kendati banyak tantangan dan kendala, gagasan itu berhasil diwujudkan. Motif batik Jawa Timur itu tak lain adalah menampilkan ayam bekisar dan bunga teratai. Ayam bekisar merupakan fauna khas Jawa Timur yang melambangkan karakter khas dari masyarakat Jawa Timur sendiri. Sedangkan bunga teratai adalah lambangkan perdamaian yang selalu diusung oleh masyarakat Jawa Timur. Keberhasilan mewujudkan gagasan tersebut

harus dijadikan momentum untuk lebih mendorong batik sebagai ikon industri kreatif di Jawa Timur. Tentu tidak hanya berhenti sampai disini, tetapi harus diupayakan perluasan jaringan pasarnya hingga tingkat internasional. Yakinlah bahwa batik memiliki basis budaya yang kuat dan memiliki nilai ekonomi yang sangat besar.

(widi antoro)

Komentar Pembaca

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Industri Kreatif (Kerajinan). Tulisan diatas juga dapat menambah informasi mengenai berbagai macam kerajinan yang ada di Indonesia. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Industri Kreatif (Kerajinan) yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Industri Kreatif (Kerajinan)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim