BBM Naik Harga Bahan Pokok di Jatim Masih Stabil

Gubernur Jatim Dr.H. Soekarwo mengungkapkan, harga kebutuhan bahan pokok di Jawa Timur tidak terpengaruh dengan kenaikan harga BBM. Terbukti dari hasil survey tim ekonomi Pemprov Jatim di pasar kota Surabaya dan pasar lainnya di Jatim, harga bahan pokok tersebut relatif stabil meskipun ada sedikit kenaikan dan penurunan harga.

“Kenaikan kebutuhan harga tersebut masih relatif stabil meskipun pemerintah pusat sudah menaikan harga BBM. Meskipun ada kenaikan di beberapa bahan pokok tetapi kenaikan tersebut tidak terlalu signifikan,” kata Pakde Karwo sapaan Gubernur Jatim ini usai mengikuti Rapat Paripurna Jawaban Eksekutif atas Pemandangan Umum Fraksi di Gedung DPRD Jatim Jalan Indrapura Surabaya, (24/6).

Dari data yang disampaikan tim ekonomi, kata Pakde Karwo, harga gula pasir pada minggu pertama bulan Juni sebesar Rp. 11.360 ribu rupiah dan pada tanggal 24 Juni harga tersebut 11.100 rupiah. Harga rata-rata di bulan Juni sebesar Rp. 11.327 rupiah.

Pada harga tepung terigu (Kw Medium) minggu pertama bulan Juni seharga Rp. 7.000 rupiah naik Rp. 269 rupiah pada minggu ke empat. Kemudian pada tanggal 24 Juni naik menjadi Rp. 7.380 rupiah.

“Harga beras bengawan (super) di pasar Kota Surabaya pada minggu 1 bulan Juni seharga Rp. 9.640 namun pada tanggal 24 Juni harga tersebut turun menjadi Rp. 9.620 rupiah. Rata-rata harga di bulan Juni Rp. 9.633 rupiah. Harga bumbu ada kenaikan wajar karena musim hujan,” katanya.

Sementara harga beras di pasar wilayah Jatim, jenis beras bengawan, pada minggu pertama sebesar Rp.8.618 rupiah turun menjadi Rp.8.500 rupiah pada tanggal 24 Juni. Rata-rata harga beras bengawan pada bulan Juni sebesar Rp. 8.642 rupiah.

“Minyak goreng, terigu stabil, ayam boiler harganya naik sedikit harga rata-rata di bulan Juni Rp. 24.274 rupiah,” jelas Pakde Karwo.

Stabilnya harga bahan pokok baik yang di pasar di Kota Surabaya maupun wilayah lainnya di Jatim, adalah hasil dari satu upaya Pemprov Jatim melakukan penambahan supply bahan pokok ke tiap daerah. Selain itu dengan melakukan operasi pasar di tiap kota dan kabupaten.

“Pemprov Jatim akan terus melakukan supply bahan pokok tersebut hingga ke pelosok daerah yang terjadi kenaikan harga. Ini adalah strategi ekonomi kita untuk mensejahterakan masyarakat mendapatkan kebutuhan bahan pokok dengan harga yang terjangkau. Harga ini stabil hingga H+10 setelah lebaran,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Asisten II Bidang Perekonomian Setdaprov Jatim, Ir.Hadi Prasetyo M.Eng mengatakan, sebelum pemerintah pusat menetapkan kenaikan harga BBM, tim pemprov mengajak para produsen dan distributor. Tujuannya untuk menentukan harga distributor dan produsen tidak terpaut jauh.

“Kami melakukan operasi pasar di 76 titik yang terbagi di kabupaten dan kota di Jatim sebanyak dua titik. Sesuai dengan instruksi pak Gubernur, akan ditambah menjadi 100 titik yang bekerja sama dengan Bulog, PTP X, PTP XI, Rajawali Nusantara, Bogasari dan produsen serta distributor lainnya” katanya.

Pada tahun 2013, Hadi Prasetyo mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan Bulogmart yang merupakan anak perusahan Bulog. Bulogmart akan kita ajak bekerjasama untuk menstabilkan harga bahan pokok di pasar tradisional di seluruh wilayah Jatim. daerah. Semisal, ada daerah yang harga telur mahal akan disupply oleh Bulogmart untuk menstabilkan harga.

“Bulogmart mempunyai tugas menstabilkan harga, seperti contoh ada satu wilayah yang harga telur atau terigu mahal, maka Bulogmart yang akan mendatangi wilayah tersebut untuk mensuply kebutuhan bahan pokok yang mahal. Upaya ini sebagai langkah untuk me-manage psikologis harga yang biasanya dimainkan di pasaran sehingga harga cenderung naik,”katanya.

Disamping program menstabilkan harga tersebut, Hadi Prasetya mengungkapkan, pak gubernur mempunyai program penting. Yakni oeprasi beras Raskin menjelang hari raya dan tahun baru yang bertujuan agar masyarakat dapat membeli beras murah sehingga di saat lebaran dan tahun baru dapat membeli kopi dan gula.

(Sumber: Humas Pemprov Jatim )

Komentar Pembaca

  1. Terimakasih infonya sangat bermanfaat bagi semua orang yang telah membacanya . goo.gl/kSukW

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim