Jatim Surplus Bawang Merah

Ilustrasi (Foto: TRIBUNNEWS.COM/DANY PERMANA)

Harga Bawang merah di Jatim turut menanjak di pasar. Padahal secara umum Jatim sebenarnya memiliki sumber produksi bawang merah yang masih subur.

Jatim sebagai salah satu kawasan yang memiliki sumber produksi hortikultura hingga saat ini masih menunjukkan produksi yang stabil. Produksi beberapa jenis tanaman selain bawang putih masih cukup tinggi. Sedangkan produksi bawang putih tetap minim karena hanya sedikit petani yang menanam dan lahan penanaman terbatas.

Berdasarkan data Dinas Pertanian Jatim, produksi bawang merah dan cabai Jatim masih surplus. Hanya produksi bawang putih yang minus.

Berdasarkan data produksi dan konsumsi di Jatim tahun 2012 tercatat jumlah produksi bawang merah mencapai 228.750 ton sedangkan jumlah konsumsi 91.327 ton atau surplus 137.423 ton. Produksi cabai rawit juga mencatat surplus hingga 200.321 ton dengan perhitungan jumlah produksi 245.985 ton dan jumlah konsumsi 45.664 ton.

Sedangkan kekurangan bawang putih mencapai angka 52.357 ton. Jumlah defisit bawang putih ini didasarkan pada jumlah produksi bawang putih sebesar 917 ton dan konsumsi mencapai 53.274 ton.

Jumlah perhitungan konsumsi didasarkan pada jumlah penduduk sebesar 38.052.950 jiwa dan dengan perhitungan tingkat konsumsi bawang merah 2,4 kg per kapita per tahun.

Kabid Hortikultura Dinas Pertanian Jatim, Sita Ratih mengatakan produksi bawang putih di Jatim memang sangat sedikit tapi untuk produksi bawang merah dan cabai dipastikan tetap baik tahun ini. Ia menyebut bawang merah dan cabai bisa mencapai produksi tinggi setelah bulan Maret.

“Untuk bawang merah dan cabai sudah banyak yang menanam, sentra produksi Jatim juga banyak, tapi memang faktor hujan menjadi salah satu penyebab belum maksimalknya jumlah produksi, petanipenanam bawang biasanya juga baru menanam baang setelah panen padi,” terang Sita.

(Sumber: surabaya.tribunnews.com)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim