BI: Cadangan Devisa US$105,2 Miliar

Ilustrasi (Foto: TEMPO/Eko Siswono Toyudho)

Jumlah itu setara dengan 5,7 bulan impor dan pembayaran utang asing.

Bank Indonesia menyatakan, cadangan devisa hingga akhir Februari 2013 mencapai US$105,2 miliar. Jumlah itu setara dengan 5,7 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

“Jumlah cadangan devisa itu di atas standar kecukupan internasional,” kata Kepala Humas Bank Indonesia, Difi A Johansyah, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis 7 Maret 2013.

Difi menjelaskan, defisit transaksi berjalan diperkirakan menurun pada triwulan I-2013. Kondisi itu didukung oleh ekspor yang cenderung meningkat, sejalan dengan membaiknya harga komoditas internasional.

Sementara itu, impor nonmigas diperkirakan cenderung melemah di tengah risiko semakin meningkatnya impor migas yang perlu diwaspadai. Di sisi lain, arus modal masuk, baik dalam bentuk investasi langsung maupun investasi portofolio, diperkirakan masih cukup tinggi.

Kondisi itu di tengah masih besarnya kebutuhan likuiditas valas domestik, antara lain untuk keperluan impor migas.

Sementara itu, selama Februari 2013, tekanan depresiasi terhadap rupiah cenderung mereda, sehingga mencapai rata-rata Rp9.680 per dolar AS. Dibandingkan dengan posisi awal 2013, rupiah menguat 0,31 persen.

Kebijakan stabilisasi nilai tukar yang ditempuh Bank Indonesia, menurut dia, termasuk penguatan mekanisme intervensi valas dan pembentukan referensi nilai tukar rupiah di pasar domestik, mampu meningkatkan kepercayaan pasar. Selain itu, stabilitas nilai tukar didukung dengan masuknya aliran dana nonresiden ke instrumen rupiah yang mencapai Rp27,6 triliun.

“Ke depan, Bank Indonesia terus menjaga stabilitas nilai tukar rupiah sesuai dengan kondisi fundamental perekonomian,” tuturnya. (sj)

(Sumber: viva.co.id)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim