BI: Inflasi Februari di Atas Rata-rata

Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution (Foto: KOMPAS/PRIYOMBODO)

Bank Indonesia memprediksi inflasi pada bulan Februari ini diperkirakan akan menembus level 5 persen (yoy). Hal itu dipicu oleh kenaikan harga pangan.

“Inflasi Februari ini diperkirakan akan berada di level di atas 5 persen. Ini memang agak tinggi secara tahunan karena memang di atas rata-rata inflasi bulan lainnya,” kata Darmin saat Dialog Ekonomi dan Politik Indonesia Menuju 2014 di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Senin malam (25/2/2013).

Darmin menegaskan, kenaikan beberapa harga komoditas tertentu memang mengalami kenaikan signifikan di bulan ini. Namun Darmin masih merahasiakan komoditas apa saja yang mengontribusikan inflasi yang tinggi tersebut.

Ia menyebutkan, pihaknya baru akan menyelesaikan hasil surveinya pada pekan ini. Sehingga belum bisa dijelaskan lebih rinci. Namun bila dilihat secara bulanan, inflasi Februari diperkirakan 0,5-06 persen.

“Ini lebih rendah dari inflasi Januari yang mencapai 1,03 persen. Bahkan bisa lebih rendah lagi dibanding perkiraan sebelumnya yaitu hanya 0,2 persen,” tambahnya.

(Sumber: Kompas.com)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim