Jamkesmasda: Gresik Anggarkan Rp20 Miliar

Ilustrasi: Jamkesmas/Kompasiana (wartakota.co.id)

Pemerintah Kabupaten Gresik tahun ini mengalokasikan dana program jaminan kesehatan masyarakat daerah (Jamkesmasda) menjadi Rp20 miliar, untuk layanan kesehatan 394.293 orang miskin.

“Jumlah masyarakat miskin yang memperoleh jatah Jamkesmas [di Kab. Gresik] tahun ini naik menjadi 394.293 jiwa dibandingkan 2012 hanya 223.551 jiwa. Hal ini disebabkan adanya parameter yang dikategorikan miskin oleh pemerintah,” tutur Sugeng Widodo, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Gresik, melalui siaran pers yang diterima Bisnis, hari ini (22/).

Menurut dia, tahun lalu kategori masyarakat miskin yang memperoleh kartu Jamkesmas hanya masyarakat sangat miskin dan miskin. Sedangkan tahun ini masyarakat prasejahtera juga masuk pendataan.

Sugeng menambahkan perubahan parameter miskin itu diikuti Pemkab Gresik dengan menaikkan anggaran Jamkesmasda menjadi Rp20 miliar tahun ini. Anggaran serupa pada 2012 hanya Rp13,5 miliar.

Pemkab Gresik juga memperoleh anggaran Jamkesmas dari pemerintah pusat, untuk layanan kesehatan masyarakat miskin di kabupaten tersebut. Namun, tidak disebutkan berapa nilainya.

“Dengan adanya penambahan anggaran Jamkesmas dan Jamkesmasda, maka diharapkan dapat menjangkau layanan kesehatan terhadap seluruh masyarakat miskin di Kab. Gresik,” kata Sugeng.

Dinas Kesehatan Gresik mulai bulan ini hingga bulan depan mendistribusikan kartu Jamkesmas melalui pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di wilayah pemilik kartu masing-masing.

Sementara kartu Jamkesmas lama (yang telah diserahkan kepada masyarakat miskin) masih tetap berlaku hingga 28 Februari 2012.

(Sumber: bisnis-jatim.com)

Komentar Pembaca

  1. Assalamu’alaikum …………
    Dengan adanya Jamkesmas saya sangat senang sekali , tetapi tetangga saya tahun 2012 dapat jamkesmas sehingga bisa membantu untuk berobat kebetulan mereka sakit payu dara tapi penyakit nya belum sembuh sampai sekarang ,masih berobat terus . tahun ini 2013 mereka uda gak dapat kartu jamkesmas sementara penyakitnya belum sembuh gimana asolusinya……. semoga bapak bisa membantu kami ……….

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim