Lima SKPD Siap Pertajam IKU 2013

Kepala Bidang Statistik dan Pelaporan Bappeda Prov Jatim, Ir Miswan Hadi

Sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim siap mempertajam kinerjanya tahun 2013 dengan memperhatikan program Indikator Kinerja Utama (IKU). SKPD itu yakni Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Prov Jatim, Humas dan Protokol Pemprov Jatim, Inspektoral Wilayah Pemprov Jatim, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Prov jatim, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jatim.

Kepala Bidang Statistik dan Pelaporan Bappeda Prov Jatim, Ir Miswan Hadi, di Surabaya, Selasa (15/1) mengatakan, dengan adanya sebuah IKU itu maka akan memudahkan mengetahui tingkat ukuran keberhasilan program SKPD ataupun target program yang dimiliki masing-masing SKPD itu. “Selama ini memang ada penilaian kinerja di masing-masing SKPD, tapi tahun ini akan lebih dipertajam lagi guna mengetahui sejauh mana tingkat ukuran IKUnya ini,” ujarnya.

Dia menjelaskan, dengan memiliki IKU itu tentunya akan dijadikan bahan laporan kepada gubernur sehingga nantinya bahan ini untuk memudahkan gubernur mengambil sebuah kebijakan yang dapat mensejahterahkan masyarakat Jatim. “Ada beberapa indikator kinerja utama di antaranya mengenai Indeks Pembangunan Manusia (IPM), mengetahui tingkat pengangguran terbuka, dan mengetahui lingkungan,” paparnya.

Tujuan lainnya mempertajam IKU ini, sebagai bahan untuk dijadikan Laporan Pertangungjawaban Gubernur. Karena itu, setiap SKPD diminta untuk mengisi data lembaran yang sudah disediakan oleh Bappeda Jatim untuk mengisi kolom IKU. “Nantinya data ini dievaluasi setiap triwulan sekali, nantinya dapat mengetahui persis program yang dijalankan SKPD itu apa sudah mencapai target atau tidak,” paparnya.

Dalam pembekalan pengisian kolom table IKU ini, kata Miswan, pihaknya akan memberikan pemahaman selama dua hari kepada lima SKPD ini. Diharapkan, dengan rapat yang berkelanjutan selama dua hari dapat memberikan dampak posistif dalam melaksakan IKU sesuai yang ditargetkan.

(Sumber: Dinas Kominfo Prov. Jatim)

Komentar Pembaca

  1. Gimana cara penetapan/penyusunan IKU SKPD dan Apa bisa dikirimkan file contoh IKU Sekretariat Korpri….!!!???!!!

    Wassalam,

    Muhammad Arafat
    Sekretariat DP Korpri Sulbar

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2018. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim