Pendakian Semeru Ditutup Hingga 25 Maret

Ilustrasi Pendaki Semeru

Setelah diserbu lebih dari 2.000 pendaki di malam tahun baru 2013 lalu, Gunung Semeru kini ditutup untuk aktivitas pendakian. Penutupan ini dilakukan demi menjaga keselamatan para pendaki. Pasalnya, di gunung setinggi 3.676 mdpl ini, belakangan sering terjadi kabut pekat, cuaca ekstrem, dan badai.

Alasan di ataslah yang membuat Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) memutuskan untuk menutup jalur pendakian di Pos Ranu Pane.

“Terkait badai, cuaca buruk, dan hujan lebat disertai kabut pekat yang berpotensi membahayakan keselamatan pendaki, maka pendakian ke Semeru kami tutup per hari ini Selasa, (8/1/2013). Pendakian akan kami buka pada 25 Maret 2013,” kata Ayu Dewi Utar, Kepala BBTNBTS, Selasa (8/1/2013).

BBTNBTS sendiri melingkupi wilayah administratif Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Probolinggo. Gunung Semeru sendiri masuk ke dalam wilayah Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Semeru yang berpredikat sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa, memang memiliki magnet untuk didaki di sepanjang tahun. Ribuan pendaki selalu berambisi untuk menaklukkan Mahameru (sebutan untuk puncak Semeru).

“Untuk sementara waktu, ambisi ke Mahameru harus ditunda dulu. Semoga penutupan ini bisa dipahami oleh pendaki, serta tidak ada pendaki nakal yang nekat mendaki meskipun ada pengumuman penutupan,” imbuh Ayu.

(Sumber: Surya Online)

131 Komentar Pembaca

  1. tapi bromo normal kan gan? Tidak ada penutupan

    • gan sorry nii ane kan baru mau naek nii kira kira klo k mahameru alat yg pling pnting dibawa itu apa aj sh gan…?? thank bls cpt ya

  2. bagaimana dengan kawasan gunung bromo??? apakah juga ditutup???

    • Kalau Bromo menurut informasi yang kami dapat tidak ditutup Pak

  3. bisa minta contact person yg bisa dihubungi mengenai gunung bromo pak? february saya dan tmn” dari jakarta rencana mau ke bromo, mungkin saya bisa calling2 dulu untuk mengantisipasi. tolong email ke saya pak.
    terimakasih banyak.

    • Untuk lebih jelasnya Bapak bisa menghubungi Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Telp. 0341/491828.

  4. Untuk tnggal 27 maret 2013 apa sudah di bukak trims

    • Untuk lebih jelasnya silahkan hubungi Pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di (0341) 787972 dan (0341) 491828.

  5. Pak admint …….ay mau tanyak. Untuk tanggal 20 juni 2013 apa sudah di buka. Rencana hanya sampai ranu kumbolo. Sy blm perna sama sekali kesana. Mohon info n tips lokasi air dalam perjalanan kesana/ yg di perlukan begitu juga contak person.
    Terimakasi n selamat bertugas
    Sy tunggu infonya ya gan silahkan by mail

  6. temen2ku dari UKM MASSENCA ISI Surakarta hari rabu tgl 26 juni 2013 pendakian ke Semeru, sampai skrg blm ada kabar, boleh minta contact person bagian pendakian? Terima Kasih

  7. ass.wr.wb..
    mau nanya..
    kira” bulan desember naik sampe ke puncak mahameru udah d ijinin g om admin..?

  8. Untuk pertengahan desember jalur pendakian di buka ga min?

    • Menurut info dari teman-teman yang ada di Kec. Tumpang, untuk pertengahan Desember jalur pendakian masih dibuka, namun disarankan untuk mempersiapkan diri menghadapi hujan. Sekian.

    • Tambahan informasi, menurut pihak TNBTS jalur Jemplang-Ranupani masih ditutup karena adanya perbaikan, untuk jalur Malang-Tumpang-Ranupani akan di lewatkan Dampit, atau bisa lewat jalur Lumajang. Alternatif lain bisa lewat Bromo-Senduro-Ranupani.

  9. Kalau ahkir desember ini pendakian ke semeru di tutup gk????

    • sampai saat ini pendakian masih diperbolehkan namum hanya sampai Kalimati.

  10. min ..sy mau na,y kira2 akhir desember pendakian ke puncak udah di buka ngak ?

    • Menurut info terakhir dati TNBTS hingga Januari, para pendaki dihimbau untuk tidak ke puncak dikarenakan cuaca yang cukup ekstrem.

      Menurut pengalaman saya memang bulan November – Maret cuaca di semeru sangat ekstrem (hujan lebat disertai angin badai biasanya),
      biasanya oleh pihak Jagawana hanya diperbolehkan sampai Kalimati meskipun banyak juga pendaki yang melanggar tapi lebih baik jangan.

      Saran aja, lebih baik mendaki di akhir bulan April – Juni (akhir musim hujan), viewnya bagus banget, dan biasanya lebih sepi pendaki.

      Salam.

  11. gan,kalau untuk pendakian di bulan desember,gunung semeru di tutup ngga??

  12. pak maunanya nih untuk bulan depan tanggal 28 – 12 -2013 untuk pendakian kesemeru d tutup ga pak ?

    mohon infonya soalnya bulan depan mau kesemeru pek.

    trimakasih

  13. min, nnti pendftaran nya di ranu pani kan. ga pake boking online

    • Yup betul, sementara pendaftaran langsung ke Pos Ranu Pane, tambahan info perbaikan jalur Jemplangan – Ranu Pane sudah selesai, sampai hari ini curah hujan di semeru masih tinggi, agar lebih hati-hati

  14. min maaf saya hanya ingin memastikan pendakian semeru tgl 25 desember dibuka ga?soalnya bnyk info katanya ditutup, trus bwt pendaftaran apakah online atw lngsung ke ranu pani?
    terima kasih

    • Untuk lebih jelasnya silahkan konfirmasi langsung ke pihak TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) di 0341- 491828,

      Menurut pengalaman saya jika musim hujan seperti ini biasanya pendakian ke Semeru hanya diperbolehkan sampai pos Kalimati saja, pendaki dilarang mendaki ke Puncak Mahameru karena ditakutkan terjadinya longsor karena derasnya hujan.

  15. mau tanya tanggal 27 desember 2013 kira” bsa buat mendaki tidak? , mhon infonnya

  16. Min, Kalau untuk Bromo nya apa masih bisa wisata ke kawahnya untuk akhir tahun tanggal 28-29 Des? Terima kasih

    • Kalau untuk Bromo tidak ada masalah Mbak, kapanpun bisa berkunjung hingga kawahnya. Selamat bertraveling ria. :)

  17. Sangat bermanfaat sekali ini, admin nya juga baik hehe

    • @summiter: terima kasih juga atas kunjungannya ke website kami, kapan2 kalo ke semeru adminnya diajak juga dong, hehehe, salam lestari

  18. Pak saya mau tanya?
    Rencanax saya akan k ranugumbolo tgl 24-26 desember ini bagaimana keadaan cuaca dsna dan amankah untuk kesana ?
    Terimakasih

    Balas

  19. Kalo untuk ke Ranu Kumbolo masih aman dan diperbolehkan, untuk cuaca relatif sering turun hujan, jadi jangan lupa persiapan mengantisipasi hujan seperti ponco, jas hujan, pakaian hangat, jangan lupa pakaian dimasukkan ke dalam plastik dulu sebelum masuk tas. Ok.

  20. Salam lestari….
    Saya dan teman saya berasal dr makassar. Dan rencananya mau ke semeru tgl 22 desember. Masih dibuka gak?

    • Masih dibuka Mas, tapi oleh pihak Jagawana TNBTS tidak diperbolehkan untuk ke Puncak karena memang cuaca yang lagi ekstrim, saran saya mendaki di bulan April – Juni, selain viewnya lebih bagus, hujan juga sudah agak reda, Semoga Bermanfaat

      • min,,,kalau oro2 ombo padang lavenderny bagusnya bulan apa tu min??? mekar2nya,,,, saya pengen kesana min,,,,

        • @mimin: biasanya sekitar bulan April-Juni

  21. Makasih infonya. Kalau bulan desember kira2 banyak pendaki gak? Dan dibukanya hanya sampai pos apa? Makasih

  22. Saya mapala berasal dari jakarta,
    Saya dan kawan” akan melakukan pendakian ke gunung semeru, pada bulan januari tepatnya tanggal 3 jan 2014. Apa kah jalur pendakian di buka…?
    Mohon infonya bang.

    Salam lestari.

    • Untuk lebih jelasnya silahkan hubungi langsung ke TNBTS di (0341) 491828. Salam Rimba

  23. saya rencana’y mau melalukukan pendakian di tahun baru min,
    dari TNBTS ada no handphone’y aja gak min?

    • @mimin: Sepertinya bakalan rame nih semeru di tahun baru… maaf untuk no handphone g punya, tp telp ke TNBTS pasti di jawab koq..

  24. om admin, mau tanya ni
    bulan maret 2014 d.buka apa d.tutup kah jalur pendakian?

  25. maret 2014 jalur pendakian g.semeru d.buka apa d.tutup kah?

  26. masih belum tau juga mas, tergantung cuaca juga sih soalnya, tp pada dasarnya semeru g pernah ditutup kecuali emang statusnya lagi siaga atau waspada.

  27. Sya rncnax mau k ranu kumbolo sktr tgl 22 jnuari,
    msh d bka gag yc pndakianx?

  28. pak kami mau merencanakan untuk pergi ke danau ranu gumbolo apa di tutup juga..?
    terima kasih..

  29. info terbaru, untuk sementara ditutup total karena di atas ada badai yang bisa membahayakan keselamatan pendaki, juga untuk pemulihan ekosistem.

    http://news.liputan6.com/read/794388/ada-badai-gunung-semeru-ditutup-hingga-april-2014

  30. Bagi temen-temen yang sudah mendaki Semeru kemarin mohon di share juga pengalamannya dan keadaan Semeru saat itu. Trims .

  31. admin mau tanya donk,,,
    aku pengen ikut pendakian kira2 bulan februari ada ga iya? mohon info iya,

  32. Hii.. aku berminat mendaki semeru ditahun 2014 ini.. cums masih pemula banget.. jd mo cr info ke admin yg mana travel tour guide semeru yg recommended dong ?? Aku liat bbrp jdwl tour pendakian yg ditwrkan.. bingung milihnya.. pengennya yg trbaik krn br pertamakali mendaki gunung.. thy before..

  33. salam rimba…..
    admin, saya tanggal 16-19 mau ke ranu kumbolo, kira2 bissa apa nggak ?

    • Mohon maaf Mas Faiz baru bisa bales komen, info sementara yang saya dapat untuk ke Ranu Kumbolo masih diperbolehkan Mas, kemaren sempat liat juga beberapa pendaki yang turun dari Kumbolo

  34. kalo tanggal 21 april udah di buka blm ya ?
    mau ke puncak bisa ?

  35. maf pak bu admin, kalau akhr mei 2014 nanti kira2 pendakian semeru bsa sampai puncak ndak?
    maturtengkyu

    • kalo pengalaman tahun kemarin biasanya pertengahan april, pendakian sudah dibuka
      terima kasih.

  36. Mau tanya om, aku mau naek tgl 17-20 apa sudah bisa didaki sampe puncak. Terimakasih. #SalamPerjuangan #SalamLestari

    • Maaf Mas Sony, untuk lebih jelasnya silahkan hubungi kantor TNBTS di (0341) 491828.
      Tp minggu kemarin sempet lihat pendaki turun di tumpang, tapi gak tau nyampe puncak apa nggak
      Tq.

  37. om admin, apakah jalur pendakian ditutup ? terkait dgn naiknya status gunung semeru ??

  38. Pendakian ke Semeru sudah dibuka Mas Eko…

  39. dibuka sampai tanggal brapa mas bro admin …??
    trimksh …

    • saat ini masih dibuka mas, biasanya nanti bulan oktober baru ditutup kembali.

      • kok komentar2 di topik China Bangun Pelabuhan dan Jalan Tembus Socah cuma sampai 715..gk bisa komentar lagi ya,.

  40. mohon infonya min sy dr medan. rencana pengen daki tgl 05 oktber 2014, apakah ada penutupan pd tgl itu? dn untuk pendaftaran apakah mesti jauh2 hari melalui jalur online atau bs langsung d lokasi min? terimakasih infonya

    • hingga saat ini jalur pendakian masih dibuka mbak Anita, sepertinya hingga pertengahan Oktober 2014 jalur pendakian masih tetap di buka. Untuk pendaftaran bisa langsung ke Pos Ranupani.

      Jangan lupa bawa materai 6rb 2 lmbar, surat keterangan sehat dari dokter/puskesmas, dan identitas diri masing2 di fotokopi 3 kali.

      Saran saya, usahakan sampai Ranu Pani tidak terlalu siang semakin pagi semakin baik, karena jalur pendakian dibatasi kuota 500 pendaki /hari dan jalur pendakian ditutup jam 16.00 tiap harinya dan dibuka kembali jam 06.00.

  41. min maaf mengganggu waktunya saya rizky dari bandung mau nanya nih . saya rencana dengan teman2 saya sekitar tanggal 28 november tahun 2014 mau ke semeru apakah pendakian sudah di buka ? apakah boleh sampe puncak apa hanga di perbolehkan hingga kali mati doang ? bls yah min makasih

    • Salam kenal mas Rizky, berdasarkan pengalaman tahun lalu, untuk bulan november biasanya jalur pendakian ditutup karena biasanya sudah memasuki musim penghujan, ntar kalo ada info terbaru pasti kami sampaikan.
      untuk ke puncak sebenarnya menurut aturan dari pihak TNBTS bulan apapun tidak di perkenankan naik ke puncak hanya dibatasi hingga kalimati, bila pendaki memaksa ke puncak maka resiko di tanggung pendaki itu sendiri, saat registrasi pun di surat pernyataan tertera seperti itu, maka dari itu jika ke semeru siapkan juga materai 6 ribu 2 lembar.
      Jangan lupa jg membawa surat kesehatan dari dokter (atau bisa juga buat di puskesmas tumpang malang) dan fotokopi ktp/identitas diri.
      Selamat mendaki mas Rizky.

  42. Bagi teman-teman yang ingin mendaki semeru beberapa hal yang mendapat perhatian: 1) Materai 6 ribu; 2) surat keterangan sehat dari dokter/puskesmas; 3) fotokopi identitas diri.

    Juga perlengkapan standar pendakian seperti tenda disesuaikan dengan jumlah pendaki, sleeping bag masing2 pendaki, sepatu dan logistik sesuai kebutuhan.

    Hal ini saya sampaikan karena beberapa kali saya temui di Ranu Pani banyak pendaki yang tidak diijinkan untuk mendaki semeru karena kurang perlengkapan tersebut, kasian juga mereka, apalagi mereka yang sudah datang dari jauh.

    “Jangan meninggalkan sesuatu kecuali jejak, jangan mengambil sesuatu kecuali gambar dan Jangan membunuh sesuatu kecuali waktu”

    Selamat mendaki kawan. Salam Rimba Indonesia.

  43. Oh iya kawan, jangan lupa kunjungi juga website resmi TNBTS di http://bromotenggersemeru.org/ sebagai referensi.

    Terima kasih atas kunjungannya ke website kami.

  44. matur nuhun yah min infonya

  45. Min saya berencana tgl 25 oktober 2014 ke semeru, apa pendakian msh di buka? Terkait dengan berita terbaru semeru memuntahkan lava pijar bberapa hri ini. Trimakasih

    • Sorry baru balas komennya, terkait jalur pendakian saya masih belum dapat konfirmasi juga dari pihak TNBTS, nanti jika ada info terbaru akan segera disampaikan. Tapi beberapa hari yang lalu masih terlihat banyak pendaki yang berangkat ke Semeru. Thanks.

  46. mohon maaf bisa bantu info untuk pendakian kesemeru rencana pada bulan januarin 2015..
    di tunggu infonya ..
    terimakasih

  47. Tgl 7 desember 2014 gimana Min, saya mau naik smp Ranukumbolo aja. Buka atau tutup…?

  48. Mohon infonya: klo bulan november 2014 apakah kita bs muncak ke mahameru??

    • Sepertinya masih bisa mas hendro, karena minggu kemaren masih banyak pendaki yang kesana.

  49. Bg.admin, numpang tanya.. Aku dari medan dan berencana mau naik gunung semeru bulan Desember 2014 ini..

    Mohon info pastinya bg.admin..!?
    Kami rencana rombongan bg..

    Mohon info nya bg ya..!?

  50. Permisi mau tanya mas, kalo tanggal 20-24 di tutup gak ya mas? Saya dari palembang

  51. Selamat pagii mau nanya @Admin, kita rombongan dari gresik mau ada rencana buat naik ke semeru tanggal 31 desember besok buat tahun baruan di semeru , mohon info nya ya @Admin matur suwun :)

  52. misi min numpang tanya semeru tgl 30 desember di buka ataw tida

  53. Mas mbak admin, saya rombongan dari kediri. besok tgl 15 desember mau ke ranukumbolo aja. Aman ya min ?? Mohon dibalas, makasih

  54. Mas / Mba admin,
    mau tanya bual februari 2015 jalir pendakian semeru ditutup gk ya,
    soalnya ada rencana mau naik di pertengahan bulan februari 2015,
    tolong info nya ??

    terima kasih

  55. 14 feb 2015 buka ga ya min? Saya dr bogor :)
    Salam kenal smua.. Ad juga yg mau naik tgl sgtu kah?

  56. Klo ad yg mw naik februari contact yah 081297313591..
    Kita berdua dr bogor ;)
    2b533ebc

  57. Bang admin, mau nanya untuk pendakian semeru hanya sampai ranukumbolo pada tgl 21 januari 2015 kira2 bisa dilakukan apa tidak? Terima kasih mohon info nya

  58. maaf kawan-kawan semua, karena kesibukan kantor jadi baru bisa balas komen2nya. Terima kasih sebelumnya dah mampir di website ini.

  59. Info terakhir menurut Pos Ranu Pane, Pendakian ke Semeru ditutup sementara demi pemulihan ekosistem Semeru mulai tanggal 5 Januari s/d pemberitahuan lebih lanjut.

  60. Jadi kawan2 dimohon bersabar ya…

  61. min butuh info lebih cepat buka pendakian nya

    • terima kasih mas arief atas kunjungannya ke website kami. akan kami usahakan mas. salam lestari.

  62. iya sama sama.
    kalo boleh minta kontaknya biar enak menghubungi nya?

  63. Pendakian semeru ke ranukumbolo
    Pada 7 febuari 2015 ,
    Di buka gk min ??
    Soalnya mau mendaki tgl 7 febuari
    Mhon infonya min ?? :)

    • Untuk pendakian ke semeru sampai saat ini masih ditutup Mas, karena masih dalam tahap pemulihan ekosistem dan juga karena cuaca hujan yang masih ekstrem. mohon bersabar dulu ya Mas.

  64. admin …kalo bromo tutup juga gak..soalnya saya mau kesana tanggal 6 feb..tolong di blz ya min..

    • aduh.. maaf Rani karena kesibukan kantor jad lupa bales komennya, kalo Bromo gak ada pernah ditutup kecuali sedang erupsi.

  65. Admin…tanggal 21 April 2015 gn. Semeru sudah dibuka atau belum? Rencana mau mendaki di akhir april itu min, mohon infonya ya, trimakasih :)

  66. Admiin…maaf maksudnya tanggal 29 April 2015, pendakian gn. Semeru sudah di buka atau belum? Maaf ya min..mohon infonya, trimakasih :)

    • sowry baru bisa balas komennya, kalo liat pengalaman tahun lalu, biasanya awal Bulan April jalur pendakian sudah dibuka kembali, jadi siap-siap saja :)

  67. Surat keputusan untuk dibuka pendakian biasanya keluar kapan min? Makasih sebelumnya.. :)

    • Kalo tanggal pastinya belum bisa dipastikan tergantung cuaca juga, tp kalo menurut pengalaman tahun2 kemaren sih awal April jalur pendakian sudah dibuka, karena April hujannya sudah mulai reda gak se-ekstrem sekarang. Nanti jika ada info terbaru kita kabari :)

    • Kalo bisa Adminnya diajak juga ya…. :D

      • Yuk min ikut, saya udh beli tiket ke malang buat tanggal 29 april, please udah dibuka ya miiin… :)
        Admin tau harga2 penyewaan jeep gak? Hehheh makasi

  68. Min mau tanya, sekitar tgl 20-21 maret jalur ke TNTBS / ke ranukumbolo di buka gak? Saya dr jakarya ada rencana kesana

  69. Min, tgl 20/21 maret akses pas hari raya nyepi untuk ke bromo di tutup gak?

    • biasanya yang ditutup hanya jalur via wonokitri pasuruan (penanjakan), untuk jalur via cemoro lawang probolinggo dan jalur via tumpang malang tetap dubuka

  70. @furi: Semoga saja awal April jalur pendakian sudah dibuka ya, untuk harga sewa jeep terakhir sih 35.000-40.000/org dari Tumpang ke Ranu Pane, biasanya 1 jeep diisi 15 org, jadi kalo mo sewa sendiri tinggal dikalikan aja.

  71. tips hemat: dari stasiun malang/terminal malang carter aja angkutan kota ke Tumpang, baru naik jeepnya dari Tumpang ke Ranu Pani, ntar belanja sayur dan lain2nya bisa di Pasar Tumpang, :D

  72. Aahh semoga sudah buka miiin, Kalo dari bandara malang ke tumpang naik angkutan apa min? Maap ya min nanya mulu, makasi :)

    • Naik taksi saja, ato kalo pas beruntung ada ojek juga ntar turun aja sampai jalan raya Pakis-Tumpang trus naek angkot ke pasar tumpang. gpp koq kalo cuman tanya. free… :D

  73. Ranu kumbolo tanggal 21-22 maret udah dibuka lum Min..?

  74. Miiiin…akhir april ini sudah dibuka belum semeru nya?

  75. Gan jalur pendakian ke puncak semeru bulan ini buka kah? Rencana mau berangkat tanggal 20 april

    • Iya kawan. Jalur pendakian ke Semeru sudah dibuka per 1 April kemarin. Selamat mendaki.

  76. loh min bukanya april ini masih ditutup? soalnya sy tgl 10 kemarin tlfn ke pos perijinan ditumpang ktanya semeru baru bole dibuka bln mei bsk tgl 5 dan utk april ini msh blm bs, tgl 5 mei pun katanya hanya bs smpk rankum aja. apa benar? tlg knfirmasinya ya min please

  77. Maaf teman-teman, ada salah informasi. Setelah saya konfirmasi ulang ke pihak SPTN 2 Tumpang dan TNBTS ternyata memang benar jalur pendakian masih belum dibuka. Maaf atas kesalahan informasi ini. :)

  78. Di mohon bersabar dulu ya. Karena cuaca disana memang masih sering terjadi hujan deras.

  79. Min mau tanya, untuk per tanggal 29 April kira-kira udah dibuka apa belum ya?

    • Masih belum pasti juga Mbak Desy, tp hari minggu kemarin sempat mampir di rest area Bromo, menurut info petugas disana jalur pendakian dibuka per 1 Mei.

  80. tambahan info untuk tarif jeep mungkin temen2 ada yang membutuhkan. http://bappeda.jatimprov.go.id/bappeda/wp-content/uploads/2015/04/tarif_jeep.jpg

  81. Ohh gitu min, rencana si saya sampe malang tanggal 30 mei. Oke min makasi yaa

  82. Oya maap min, maksud saya tanggal 30 april.

  83. Min saya dengar sekarang untuk regrist harus melalui online kalau langsung datang ke posnya tanpa regrist online bisa min?

  84. Soalnya ane rencana mau naik tanggal 1 mei

  85. Berita terbaru, jalur pendakian dibuka tanggal 1 Mei 2015. Selamat mendaki kawan-kawan semua. http://bromotenggersemeru.org/blog/pengumuman-pembukaan-pendakian-g-semeru-2015

  86. @aliyandra: menurut pengalaman saya sih bisa langsung datang ke Pos Ranupani Mas. Hanya ada baiknya cek kuota dulu di http://bromotenggersemeru.org/

  87. mohon. maaf saya mw tttanya apakah gunung semeru sudah dibuka? karena ada kabar tgl 1 mei itu d undur lagi karrena cuaca yg tidak memungkinkann? apa kah kabar. itu bener?

    karena saya dan kawan” sudah melakukan persiapan tinggl berangkt 30 april bbesok

  88. Jalur pendakian Semeru tetap dibuka sebagaimana pengumuman di http://bromotenggersemeru.org/blog/pengumuman-pembukaan-pendakian-g-semeru-2015, namun disarankan hanya sampai Kalimati saja karena puncak mahameru masih sering berkabut sehingga berpotensi rawan gas beracun. Selamat mendaki kawan.

  89. Kok gak ada yang ngajak admin ya… :) . Selamat mendaki kawan-kawan semua jangan lupa semua persyaratan sebelum pendakian, jangan lupa bawa sampah turun dan jaga kesehatan. Salam Lestari..

  90. menurut admin bagaimana ya? karena saya dapat kabar dari temen saya klau kuota sudah penuh jdi bs mendaki tgl 3 sedangkan temen” saya lliburx pada tanggal 1 bsg.

    apa saya bisa ndaki pada tgl 1 itu? mohon bantuan dan infox malam ini ya terimakasih

  91. Admin yang terhormat…
    Mohon maaf saya mau tanya tentang pendakian ke semeru di bulan november ini udah buka belum ya…???

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim