Curah Hujan Tinggi, Jawa Timur Siaga Banjir

Ilustrasi banjir

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur meningkatkan status siaga banjir terkait hujan yang terus mengguyur wilayah timur pulau Jawa itu.

Kepala BPBD Jawa Timur, Sudarmawan, memprediksi intensitas hujan di Jawa Timur akan terus tinggi sehingga berpotensi terjadi banjir. Bahkan beberapa wilayah di Jawa Timur telah tergenang banjir.

“Saat ini banjir telah melanda beberapa daerah di antaranya, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Ngawi, Bojonegoro dan Ponorogo. Akan tetapi, status banjir di beberapa daerah tersebut masih bersifat genangan,” kata Sudarmawan, Rabu 2 Januari 2013.

Sudarmawan menambahkan sampai saat ini belum ada warga yang dievakuasi. Warga mencoba bertahan di rumah masing-masing. Guna mengatasi banjir besar, BPBD Jawa Timur menyiagakan posko di sejumlah tempat terutama di daerah banjir dan rawan banjir.

“Termasuk di aliran sungai Bengawan Solo, sebab saat ini debit Bengawan Solo sudah menunjukkan peningkatan dan perlu diwaspadai,” katanya.

Mengantisipasi kemungkinan lebih buruk, BPBD Jawa Timur terus melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten dan Kota seluruh Jawa Timur untuk memantau kondisi terkini debit air sungai dan curah hujan. (eh)

(Sumber: VIVA.co.id)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim