Investasi Meningkat, Jatim Targetkan Pertumbuhan Ekonomi 7,5%

ilustrasi

Meningkatnya jumlah investasi di Jawa Timur bisa terus mendongkrak pertumbuhan ekonomi Jatim di 2013. Jika hingga triwulan ketiga 2012 ini telah mampu mencapai 7,22%, tahun depan ditarget naik mencapai 7,5%.

“Pertumbuhan ekonomi Jatim saat ini telah melebihi angka pertumbuhan nasional yang masih berada pada kisaran 6 persen. Pak Gubernur (Soekarwo) menargetkan pertumbuhan ekonomi Jatim bisa diraih 7,5 persen dan mencatat inflasi 4 persen pada tahun depan,” kata Asisten II Bidang Perekonomian Setdaprov Jatim, Hadi Prasetyo.

Selain itu, pergerakan ekonomi Jatim juga bisa terealisasi kalau nantinya ada penanaman modal di Jatim mencapai Rp 231 triliun. “Dari nilai tersebut diprediksi investasi langsung yang bisa didapat sebesar Rp145 triliun. Sementara, Rp 40-45 triliun berasal dari pinjaman perbankan, dan sisanya dari sumber investasi lain.

Hadi mengatakan, besarnya kebutuhan investasi di Jatim juga bakal berdampak makin berkembangnya sektor perdagangan, hotel, dan restoran pada tahun 2013. Diketahui, pertumbuhan investasi di Jatim tahun 2012 mengalami kenaikan dibanding tahun 2011.

“Tahun 2011 Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) mencapai Rp 44 triliun, tahun ini naik menjadi Rp 60 triliun. Total investasinya baik PMA dan PMDN sekitar Rp 120 Triliun,” pungkasnya.

(Sumber: LensaIndonesia.com)

Komentar Pembaca

  1. Itu datanya dari mana ? Apa hanya utk pencitraan 2013. Ekonomi Jatim lesu dan terus menerus turun. Semua sektor usaha mati, toko2 sepi semua, apa ini yg di sebut tumbuh. Saya tantang kepada Anda dan semua pelaku usaha, saat ini siapa yg bilang usahanya ramai ? Saya mau belajar dari dia . OJO ngedabus .

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim