Kunjungan Kapal Cruise Diproyeksi Menurun

ilustrasi: antara.com

PT Pelabuhan Indonesia III memperkirakan volume kunjungan kapal Cruise atau kapal pesiar ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menurun hingga akhir tahun.

Pasalnya, hingga kini jumlah kapal yang membawa wisatawan asing itu yang akan sandar sebanyak 17 unit, turun 2 unit dibandingkan dengan realisasi pada periode yang sama tahun lalu yang mencapai 19 unit kapal.

Kapal pesiar yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas yaitu MS Volendam yang merupakan kapal cruise ke-15 dengan membawa 1.165 wisatawan asing dari berbagai negara.

Manajer Humas PT Pelindo III, Edi Priyanto mengatakan kapal MS Volendam merupakan kapal pesiar berbendera Belanda dengan spesifikasi LOA (length Over All) terinci 237,9 meter dengan berat mencapai 61.214 GRT.

“MS Volendam memiliki 12 lantai itu membawa penumpang sebanyak 1.165 orang yang dilayani kru kapal sebanyak 603 orang,” kata Edi seperti dikutip dari Siaran Pers Humas PT Pelindo III, hari ini, (Minggu, 9/12).

Edi menjelaskan para penumpang kapal yang merupakan wisman itu mulai turun dari kapal pesiar pada pukul 06.00 WIB di Terminal Dermaga Samudera Pelabuhan Tanjung Emas.

“Para wisman [wisatawan manca negara] itu disambut dengan gamelan Jawa dan tari-tarian tradisional. Selanjutnya para wisman naik kendaraan darat untuk melanjutkan wisata ke Candi Borobudur dan sejumlah tujuan wisata lainnya seperti Tlogoagro [Bawen], Ambarawa dan City Tour di Kota Semarang.”

Kedatangan kapal pesiar di Tanjung Emas itu, kata Edi, menunjukkan objek wisata di Jateng masih mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan asing.

Edi menerangkan kapal MS Volendam itu sebelumnya berkunjung ke Pulau Lombok melalui Pelabuhan Lembar.

“MS Volendam ini merupakan kapal cruise ke-15, diperkirakan masih ada dua unit kapal pesiar lagi yang dijadwalkan akan sandar di Tanjung Emas. Kedua kapal itu yaitu Seaborn Odyssey yang sandar pada 15 Desember 2012 dan Seven Seas Voyager pada 17 Desember 2012,” terangnya.

Edi mengatakan MS Volendam melakukan lepas tali dari Dermaga Pelabuhan Tanjung Emas tepat pukul 16.15 WIB, Sabtu kemarin. untuk selanjutnya akan melanjutkan perjalanan ke Singapura.

Edi menjelaskan pada 2011 lalu, Pelabuhan Tanjung Emas telah dikunjungi 19 kapal pesiar dengan berat kapal mencapai 555.922 GT dengan jumlah penumpang mencapai 12.844 orang. Volume kunjungan kapal pesiar itu meningkat dibandingkan 2010.

“Pada 2010 realisasi kunjungan kapal pesiar hanya mencapai 14 kapal dengan berat kapal 414.877 GT (gross tonnage) dengan penumpang sebanyak 7.351 orang,” jelasnya.

(Sumber: Bisnis.com)

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2017. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim