Sektor Perbankan Beri Kontribusi Besar Ekonomi Jatim

ilustrasi

Krisis ekonomi global di negara Eropa dan AS yang belum pulih justru menguntungkan perekonomian di Jatim. Belakangan ini, perekonomian Jatim cenderung mengalami peningkatan bahkan banyak dukungan dari berbagai sektor, salah satunya perbankan. Terhitung di bulan Oktober 2012, kredita perbankan tumbuh 26,0 persen per tahun (YoY) jika dibandikan pertumbuhan di tahun 2011 sebesar 22,1 persen.
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Surabaya, M Ishak, menyebutkan pertumbuhan kredit investasi mencapai 37,7 persen. Sementara, sektor rasio Loan to Deposit (LDR) saat ini sudah menjadi 82,9 persen jika dibandingkan Desember 2011 lalu yakni 77,0 persen.
“Saat ini berdirinya Jamkrida, Apex BPR, Linkage Bank Umum dan BPR, dan program sertifikasi tanah yang dikaitkan dengan kredit UMKM. Inovasi terbaru yang dilakukan perbankan adalah untuk mendorong peran serta BPR dalam system pembayaran di Jatim adalah Jatim Electronik Transfer System (JETS) dan ini adalah satu-satunya di Indonesia,” ujarnya saat dikonfirmasi.
Lebih lanjut disebutkan, rasio biaya operasional terhadap pendapatan operasional (BOPO)terjadi penurunan dari 74,8 persen pada Desember 2011 menjadi 63,7 persen dibulan Oktober 2012.
Ishak mengatakan, pertumbuhan ekonomi Jatim saat ini ini sudah mencapai angka 7,22 persen. Posisinya lebih tinggi dibandingkan dengan daerah lainnya seperti, DKI 6,31 persen, Jabar 6,3 persen, Jateng 6,3 persen.
Bahkan kata Ishak, pencapaian ekomomi Jatim mampu mengalahkan pertumbuhan nasional yang hanya 6,29 persen. “Ini merupakan prestasi cukup bagus khususnya perekonomian Jatim yang begitu besar angka kenaikan. Dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan stabil ini telah memberikan kontribusi penurunan angka kemiskinnan dijatim,” sambungnya. lensaindonesia.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim