Realisasi Pajak Jatim Baru Capai 86% dari Target

ilustrasi

Kantor Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Wilayah III Jawa Timur baru menghimpun pajak sekira 86 persen atau sebesar Rp8 triliun dari target 2012. Sedangkan sisanya 14 persen atau sekira Rp900 miliar diprediksi terpenuhi 100 persen hingga akhir tahun.

Kepala DJP Kanwil Jawa Timur III Ken Dwijugiasteadi mengaku, target tahun ini naik Rp1 triliun dibanding 2011. Menurutnya, pada 2011, pendapatan pajak melampaui target hingga 106 persen dari beban pajak sebesar Rp7 triliun. “Target terus meningkat seiring meningkatnya perekonomian di Jawa Timur,” katanya.

Ken melanjutkan, pertumbuhan ekonomi Jawa Timur naik hingga 6,5 persen sehingga berimbas positif terhadayang tersebar di kawasan Malang Raya, Kediri, Blitar, Trenggalek, Probolinggo, Pasuruan, dan Banyuwangi.

Sektor Industri pengolahan dan perdagangan, katanya, yang menyumbang sekira 60 persen dari total target pajak. Terutama pertumbuhan industri pengolahan susu skala besar di Kabupaten Pasuruan. Sementara sektor perdagangan juga mendominasi, disusul sektor jasa dan keuangan.

Data DJP Kanwil Jawa Timur III menyebutkan, total jumlah wajib pajak di wilayahnya mencapai satu juta lebih dan ditargetkan pada 2013 nanti target pajak naik hingga 30 persen. Target tersebut dinilai masuk akal jika dilihat dari pertumbuhan ekonomi dan daya beli masyarakat di Jawa Timur. Okezone.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2020. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim