Akademi Komunitas Negeri Dibangun di Gresik

ilustrasi: kompas.com

Lulusan SLTA yang kurang mampu di Kabupaten Gresik Jawa Timur bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Pemerintah Kabupaten Gresik tahun ajaran 2013/2014 akan membangun Akademi Komunitas Negeri (AKN) Gresik, khususnya untuk menjawab kebutuhan sumber daya manusia di bidang industri.

Wakil Buypati Gresik, Mochammad Qosim, mengatakan, perkembangan bidang industri di Gresik sangat pesat. Mulai tahun 2011-2012 Pemkab Gresik telah mengeluarkan 840 izin bagi investor. Gresik secara berturut-turut juga menerima penghargaan inovasi dari pemerintah Pusat.

Qosim menyebutkan pada perkembangan dunia pendidikan, mayoritas masih di dominasi oleh lulusan sekolah tinggi keagamaan. Didirikannya Akademi Komunikasi Negeri diharapkan akan bisa menampung lulusan SLTA, khususnya dari SMK, yang tidak mampu meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Jurusan yang tersedia di AKN yaitu jurusan elektro industri, teknik kimia, dan teknik informatika. AKN Gresik diharapkan bisa menjawab tantangan kebutuhan tenaga kerja di sektor industri Gresik. “Kami berharap agar Akademi Komunitas itu segara direalisaikan agar lulusan SLTA sebanyak 8.000 per tahun ini bisa ditampung,” kata Qosim.

Wahyu Herdiyanto dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, berharap rencana itu segera diwujdukan. Program pembangunan di Gresik dinilai memprioritaskan pendidikan. kompas.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2020. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim