APBD Jember 2013 Defisit 135 Miliar

ilustrasi: persma.com

Defisit APBD tahun 2013 naik dibandingkan tahun 2012, dimana tahun ini defisit APBD Rp.90 miliar sedangkan pada 2013 akan ada defisit sebesar Rp.135 miliar.

Defisitnya anggaran ini karena jumlah belanja dalam APBD lebih banyak dibandingkan keseluruhan nilai APBD.

Dilaporkan Wulan dari radio Mutiara Jember dalam jaring radio Suara Surabaya, Jumat (7/12/2012), defisitnya anggaran ini karena jumlah belanja dalam APBD lebih banyak dibandingkan keseluruhan nilai APBD.

Untuk belanja tercatat belanja langsung sebesar Rp.1,443 triliun dan
belanja tidak langsung sebesar Rp.946 miliar. Sementara total APBD sebesar Rp.2,254 triliun. Artinya ada defisit sekitar 6%.

Miftahul Ulum Wakil Ketua DPRD Jember mengatakan, DPRD Jember
merekomendasikan agar PAD bisa digenjot lagi.

Mengingat saat ini pencapaian PAD masih belum maksimal karena masih banyak sektor yang bisa menyumbang PAD yang belum dioptimalkan.

Seperti piutang pajak hotel dan restoran sebesar Rp.4 miliar yang sekarang masih nyantol di sejumlah pengusaha hotel, restoran dan tempat hiburan.

Selain itu, tahun depan Kabupaten Jember akan mendapatkan pemasukan 100% dari pajak bumi dan bangunan (PBB).

Karena sesuai kebijakan pemerintah pusat per 1 Januari 2013 kabupaten kota diberi kewenangan menarik dan mengelola secara mandiri tanpa harus menyetorkannya ke
pemerintah pusat terlebih dahulu.

Tahun ini dana dari PBB ditarget Rp.25 miliar dan tahun depan PBB bisa diprediksi mencapai Rp.29 miliar rupiah.

Ulum berharap, tambahan APBD termasuk tambahan PAD itu bisa digunakan secara maksimal untuk masyarakat antara lain digunakan untuk biaya pendidikan gratis, kesehatan juga perbaikan insfrastruktur jalan. suarasurabaya.net

3 Komentar Pembaca

  1. dari kabar yg saya tau bahwa di tahun 2013 ini BOSDA untuk guru madrasah diniyah untuk jember tidak ada,yang ada hanya untuk murid saja,apa betul begitu?dan kapan pencairan BOSDA 2013 untk madrasah diniyah?terimakasih

  2. sampai saat ini juni 2013 kabar BOSDA belum juga ada, terus kapan pak ! apa terlambat lagi ni …..

  3. saya dengar waktu ada pengajuan bosda,pencairan bulan juni tp smpek skr kokn blm cair? kira2 bln brp pencairan bosda 2013 untuk MI?? terima kasih

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2020. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim