Belasan Rumah di Situbondo Dirusak Puting Beliung

ilustrasi: kompas.com

Belasan rumah rusak dan dua rumah ambruk di Desa Tlogosari dan Kalirejo, Kecamatan Sumbermalang, Situbondo, Jawa Timur, akibat diterjang angin puting beliung dan hujan deras.

Tidak ada korban jiwa dalam bencana angin tersebut. Sebab, begitu hujan deras yang disertai dengan angin kencang melanda kawasan Sumbermalang, sejumlah warga langsung semburat keluar rumahnya untuk menyelamatkan diri.

Namun seorang warga bernama Hamimi (44), warga Dusun Krajan, Desa Tlogosari, Kecamatan Sumbermalang, mengalami luka lecet pada sekujur tubuhnya karena tertimpa reruntuhan rumahnya yang ambruk dan rata dengan tanah akibat diterjang angin puting beliung tersebut.

“Begitu mendengar ada suara angin yang bertiup sangat kencang, saya dan istri langsung keluar rumah, namun istri saya sempat tertimpa kayu reruntuhan rumah,” terang Broto Seno (53).

Menurutnya, angin puting beliung membuat warga ketakutan dan panik. Hembusan angin kencang yang datang dari arah perbukitan di sisi selatan itu berlangsung cukup cepat.

“Kalau angin hanya sekitar semenit, tapi kencang sekali sampai bunyinya itu seperti bunyi knalpot mobil yang bocor. Makanya rumah saya sampai roboh. Setelah anginnya lewat langsung hujan deras,” beber Broto Seno.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Yahya Marziun menjelaskan, pihaknya mendirikan tenda di lokasi kejadian untuk memberikan pertolongan kepada korban. kompas.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim