Istri Gantikan Suami Bupati Probolinggo

ilustrasi: pdk.or.id

Pasangan Hj. Puput Tantriana Sari – Timbul Prihanjoko (Hati), meraih suara tertinggi dalam Pilkada di Kabupaten Probolinggo, Kamis (8/11). Keunggulan Hati dipaparkan Tim Pemenangan Hati, sekaligus diakui dua pesaingnya, pasangan Habib Salim Qurays-Agus Setiawan (Bagus) dan Kusnadi-Wahid Nurahman (Kawan) juga versi Desk Pilkada.

“Kami sudah menghitung hingga selesai. Alhamdulillah, suara Hati tertinggi dengan meraih 249.569 suara atau setara 40,734 persen,” ujar Ketua Tim Pemenangan Hati, Ahmad Badawi, Jumat (9/11) pagi tadi. Disusul pasangan Bagus dengan 187.984 suara (30,682%) dan Kawan dengan 175.126 suara (28,583%).

Dikatakan, penghitungan suara di gazebo rumah Hasan Aminuddin di Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kraksaan itu dilakukan per kecamatan secara manual kemudian di-entry ke komputer. “Suara di 24 kecamatan sudah kami hitung semua. Kemungkinan tidak berubah lagi,” ujar Memed, panggilan akrab Ahmad Badawi.

Tim Hati juga merekapitulasi, sebanyak 612.680 orang menggunakan hak pilihnya di tempat pemungutan suara (TPS). Sehingga dilihat dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang mencapai 842.890 orang, tingkat partisipasi warga dalam Pemilukada mencapai 72,7%. Sedangkan yang tidak menggunakan hak pilihnya (Golput) sebanyak 230.210 orang (27,3%).

Bahkan penghitungan versi Bagus, Hati juga unggul dengan persentase 32,04%, dan terakhir Kawan 29,00%. Sementara itu penghitungan versi Kawan, Hati unggul dengan 39%, disusul Kawan 30%, dan terakhir Bagus 28%.

Pengakuan keunggulan Hati dengan 41,56% juga diungkapkan Desk Pemilukada. Di nomor dua bertengger Bagus 29,54% dan di nomor buncit Kawan 28,90%.

Tim Bagus melakukan penghitungan di Bagus Center di Kelurahan Patokan, Kraksaan. Sementara Tim Kawan melukakan penghitungan melalui SMS Gateway yakni, berdasarkan laporan saksi mereka di setiap TPS yang dikirimkan melalui short message service (SMS).

“Kami memang menghitung secara detil perolehan suara per TPS,” ujar Ketua Tim Pemenangan Bagus, M. Yasin. Karena entry data belum 100%, Tim Bagus belum bisa menyebutkan secara detil perolehan suara ketiga pasangan, sebatas persentase.

Penghitungan dengan cara yang sama dilakukan Tim Pemenangan Kawan di Haris Center di kompleks Pesantren Zainul Hasan, Genggong, Kecamatan Pajarakan. Tim yang bermarkas di rumah Gus Muhammad Haris itu baru tuntas menghitung suara pada Jumat (9/11) pagi tadi.

Unggul di 16 Kecamatan
Berdasarkan catatan Tim Hati, pasangan Hati unggul di 16 kecamatan total 24 kecamatan di Kabupaten Probolinggo. “Kami kalah di 8 kecamatan yakni, Pajarakan, Maron, Paiton, Krucil, Tiris, Gending, Dringu, dan Pakuniran,” ujar Ketua Tim Pemenangan Hati, Ahmad Badawi.

Dikatakan dari 8 kecamatan yang lepas dari Tim Hati itu, 5 kecamatan di antaranya diraih Bagus yakni, Maron, Tiris, Krucil, Gending, dan Banyuanyar. Sementara itu Kawan unggul di Pajakaran, Paiton, dan Dringu.

Persaingan ketat perebutan suara terjadi di Kecamatan Wonomerto antara Hati dengan Bagus yang berselisih tipis. Yakni, Hati meraih 7.185 suara dan Bagus 7.119 suara. Pertarungan ketat antara Hati dengan Kawan terjadi di Kecamatan Sumber. Yakni, Hati meraih 6.529 suara dengan Kawan 6.418 suara.

Meski dalam perhitungan sementara Hati unggul, Memed, panggilan akrab Ahmad Badawi mengaku, masih menunggu keputusan final. “Soalnya, KPU masih akan menetapkan hasil Pilkada pada 20 November 2012 mendatang,” ujarnya.

Pria yang juga Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo itu berharap, semua pihak bisa menerima hasil Pilkada. Dengan demikian, tahapan Pilkada bisa sesuai dengan jadwal. surabaya post online

2 Komentar Pembaca

  1. siapapun yg d jdikan oleh ALLAH menjadi pemimpin kab prob. hrpan kami smua. mga pduli pda kami ( rakyat kecil ). lbh2 mengutamkan kesejahteraan guru2 swasta yg 1 blnx hxa d gaji 200.000

    • stuju brow.siappun yg jdi pemimpin harap pedulikan nasib rakyat kecil,baik itu guru swasta ataupun petani serta peternak

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim