Renovasi RTLH Perlu Dipacu Targetkan 100.000 Unit

ilustrasi: acehimage.com

Implementasi renovasi rumah tidak layak huni (RTLH) di kawasan Jawa Timur perlu dikebut guna merealisasikan target penuntasan 100.000 rumah hingga tahun depan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Cipta Karya, dan Tata Ruang Provinsi Jawa Timur Gentur Prihantono mengungkapkan pihaknya akan terus berupaya meningkatkan nilai donasi untuk program renovasi RTLH. Berdasarkan data Pemprov Jawa Timur, realisasi renovasi RTLH yang didanai oleh pemda dalam 3 tahun terakhir telah mencapai 60.000 unit rumah.

Menurut Gentur, proses renovasi RTLH di Jawa Timur mungkin sulit terealisasi jika pemerintah daerah dan pusat tidak menjalin sinergi dalam pendanaan. Pasalnya, jumlah RTLH di Jawa Timur ditaksir mencapai 324.000 unit.

“Sejujurnya, kami belum mampu menuntaskan RTLH di Jawa Timur karena jumlahnya melebihi target yang dipatok. Dengan dukungan dan bantuan dari Kemenpera, maka nilai donasi yang dikumpulkan akan lebih besar,” ungkapnya pada kegiatan Pembinaan Teknis Verifikasi Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Surabaya.

Asisten Deputi Perencanaan Perumahan Swadaya Kemenpera Eko Heripoerwanto mengatakan pemerintah provinsi Jawa Timur dan Kemenpera akan menggalang sinergi guna menuntaskan proses renovasi RTLH di Jatim.

Eko menambahkan pemerintah daerah perlu menyusun grand strategy penuntasan RTLH dengan mengutamakan proses pengerjaan secara berjenjang.

“Pemerintah pusat dalam hal ini Kemenpera hanya akan mendukung penuntasan RTLH yang dilakukan oleh pemerintah provinsi dan kabupaten/kota,” ujarnya. bisnis.com

Komentar Pembaca

  1. semoga RTLH melalui BSPS 2013 cepat terealisasi. Krna di Desa Kami msh banyak yg sngat membutuhkan.

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2017. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim