60.000 Hektare Lahan Di Madura Potensial Dikembangkan Tebu

ilustrasi

Pemerintah Provinsi Jawa Timur mencatat ada sekitar 60.000 hektare luasan lahan yang telah diteliti yang tersebar di Kabupaten Bangkalan dan Sampang untuk menjadi perkebunan tebu.

Dengan potensi itu, hasil produksi dapat digunakan untuk bahan baku pendirian instalasi pabrik gula sebanyak 2-3 unit di wilayah tersebut.

Saat ini di Bangkalan dan Sampang di Pulau Madura itu telah ditanami tebu di areal 400 hektare, hingga akhir 2012 ini ada tambahan 900 hektare yang ditanami sehingga untuk musim giling 2013 akan ada areal lahan tebu 1.300 hektare.

Khusus pembukaan areal 2013 disiapkan 2.000 hektare sehingga musim giling 2014 ada areal lahan 3.300 hektare yang siap memasok tebu bagi sejumlah PG.

“Potensi Pulau Madura untuk pengembangan komoditas tanaman tebu sangat besar, Pemprov sangat serius agar Madura khususnya Bangkalan dan Sampang bisa menjadi lokasi penanaman komoditas bahan baku gula itu. Prediksinya areal idle yang bisa ditanami berdasarkan survey mencapai 60.000 hektare,” kata Mohammad Syamsul Arifin, Kepala Dinas Perkebunan Jatim kepada Bisnis.

Untuk menunjukkan keseriusan itu, kata Syamsul, Pemprov Jatim telah mengembangkan lahan untuk lokasi pembibitan tebu di Madura. bisnis.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim