Siapkan Skenario Antisipasi Gunung Raung Meletus

ilustrasi

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menilai aktivitas vulkanis Gunung Raung masih relatif aman. Namun, sebuah skenario antisipasi letusan gunung berada di perbatasan Banyuwangi, Bondowoso dan Jember, Jawa Timur, sudah disiapkan.

“Raung masih aman dalam tanda kutip ya. Tapi skenario antisipasi letusan sudah kita miliki,” terang Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf disela mendampingi Menko Perekonomian Hatta Rajasa panen raya di Desa Ampeldento, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

Berdasar informasi dan data yang dimiliki, radius bahaya letusan Raung hingga 3 kilometer. “Sedangkan pemukiman penduduk terdekat berada di 10 kilometer,” kata mantan Sekjen DPP PKB yang biasa disapa Gus Ipul ini.

Ia memastikan, sekitar 60 ribu warga harus terlindungi dalam antisipasi letusan Gunung Raung yang saat ini berstatus Siaga III. Mereka tinggal di sejumlah daerah meliputi 16 desa di Kabupaten Banyuwangi, 4 desa di Kabupaten Bondowoso, dan sejumlah daerah di wilayah Jember.

“Ada 60 ribu warga harus terlindungi, mereka tinggal di pemukiman dekat Raung,” sebut Gus Ipul.

Dirinya berharap masyarakat tetap tenang menghadapi aktifitas Raung, pemerintah sendiri sudah membagikan masker untuk melindungi mereka dari abu vulkanik yang dikeluarkan. “Kami minta tetap waspada,” ujar Gus Ipul. detiksurabaya.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2017. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim