Bandealit, Perpaduan Hutan & Laut Jember nan Eksotis

ilustrasi: okezone.com

Kota Jember, Jawa Timur, saat ini sedang gencar melakukan promosi ekowisata. Setidaknya, ada tiga destinasi yang siap menyambut semakin banyak wisatawan.

Tiga tujuan wisata yang kini gencar dipromosikan oleh Kota Jember, di antaranya Taman Nasional Meru Petiri, Pantai Bandealit, dan Cagar Alam Pulau Nusa Barong.

“Pemerintah bekerjasama dengan Taman Nasional Meru Petiri, selain mengembangkan wisata edukatif juga mengembangkan Pantai Bandealit,” kata Yudi Karyasetiawan, Kepala Seksi Promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jember, saat ditemui di JCC, Jakarta, baru-baru ini.

Pantai Bandealit memang berada di dalam kawasan Taman Nasional Meru Petiri. Jarak yang ditempuh dari pusat kota menuju pantai ini sepanjang 35km. Jalannya yang masih bebatuan memberikan tantangan tersendiri bagi wisatawan yang ingin pergi ke Pantai Bandealit.

“Akses jalan ke Bandealit masih berbatu, tapi ini jadi tantangan tersendiri bagi wisatawan,” lanjutnya.

Perpaduan hutan, pasir putih, dan laut biru menawarkan sebuah pemandangan yang eksotis. Pantai inipun bersebelahan dengan Pantai Sukamade yang merupakan tempat penangkaran penyu.

Bekerjasama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Pemerintah Kota Jember mengembangkan pariwisata ke Pulau Nusa Barong yang merupakan kawasan cagar alam.

“Untuk memperkenalkan ke masyarakat luas bahwa di Jember ada potensi pariwisata. Dari zona pemanfaatan, wisatawan dapat menikmati pemandangan pulau. Karena kawasan cagar alam, jadi perlu ada izin dari BKSDA. Pengunjung juga akan ditemani pemandu”, jelasnya.

Ketika memasuki cagar alam ini, wisatawan tidak boleh melakukan hal-hal yang dapat mengubah habitat. Wisatawan hanya bisa menikmati pemandangan di zona pemanfaatan dengan menaiki perahu nelayan yang disewakan. Memancing menjadi kegiatan lain yang dapat dilakukan wisatawan di kota ini.

Untuk menjaga cagar alam ini, rombongan wisatawan dalam jumlah besar akan dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil. Satu kelompok kecil beranggotakan sekira 20 orang. okezone.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2018. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim