Gunung Raung Kini Siaga

ilustrasi: kompas.com

Status Gunung Raung di Jawa Timur, mulai Senin, (22/10/2012) pukul 20.30 WIB dinyatakan naik menjadi siaga, dari sebelumnya saspada.

Aktivitas gunung selama empat hari terakhir ini meningkat. Gempa tremor yang semula hanya beramplitudo 8-10 mm, dengan maksimal 25 mm kini naik jadi 12-15 mm, dengan maksimal 30 mm. Puncak gunung juga terpantau mengeluarkan asap putih setinggi 50 meter.

Surono Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), mengimbau tak ada aktivitas di radius tiga kilometer dari puncak Raung.

Kenaikan status menjadi siaga itu berselang empat hari setelah PVMBG menyatakan Raung waspada pada Kamis (18/10/2012) pukul 21.00 WIB. Saat berstatus waspada, PVMBG hanya melarang adanya aktivitas di radius satu kilometer.

Gunung Raung yang tingginya mencapai 3.332 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu, berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi, Jember, Bondowoso.Terakhir kali Raung mengeluarkan abu pada Desember 2010. kompas.com

Komentar Pembaca

  1. Senang sekali mendapatkan informasi ini, saya blogger dari malaysia mengucapkan terima kasih dan selamat tahun baru 2013. salam

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2024. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IoT Division Bappeda Jatim