Sebanyak 16 Negara Ikuti “Banyuwangi Tour de Ijen”

ilustrasi

Lomba balap sepeda “Banyuwangi Tour de Ijen” yang digelar Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pada 7-9 Desember 2012 akan diikuti sebanyak 115 atlet yang tergabung dalam tim profesional dari 16 negara, yakni Australia, Belanda, Jerman, Inggris, Iran, Irlandia, Cina, Singapura, Thailand, Malta, Jepang, Korea Selatan, Selandia Baru, dan Filipina.

“Lomba balap sepeda Banyuwangi Tour de Ijen telah resmi terdaftar dalam agenda rutin Organisasi Balap Sepeda Internasional (UCI) dan kegiatan itu akan digelar Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Banyuwangi secara berkelanjutan,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Banyuwangi, Djuang Pribadi.

Menurutnya, “Banyuwangi Tour de Ijen” merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan “Banyuwangi Ijen Festival 2012″ sebagai ajang promosi Kabupaten Banyuwangi di dunia internasional.

“`Banyuwangi Tour de Ijen` diharapkan menjadi promosi publik yang dapat memberikan dampak positif bagi Kabupaten Banyuwangi, sekaligus untuk membangun sebuah kesan bahwa Banyuwangi menjadi destinasi utama wisata internasional,” paparnya.

Antara melaporkan, stage pertama memiliki jarak tempuh 11,7 kilometer dengan rute Kota Banyuwangi menuju Pulau Merah yang sepanjang jalannya dipenuhi pemandangan laut dan alam yang natural.

Pada stage kedua, rute yang berjarak 147,4 kilometer dimulai dari arah Kalibaru menuju ke kawasan Gunung Ijen yang sepanjang perjalanan dapat melihat panorama alam dan perdunya perkebunan kopi yang sejuk menuju ke Gunung Ijen.

Stage ketiga akan melintasi “Banyuwangi Circuit Race” dengan jarak tempuh 110 kilometer atau 10 laps, para peserta akan melintasi dan menyusuri Kota Gandrung sambil menikmati taman-taman kota yang asri dan hijau dengan sajian musik dan tari khas Banyuwangi.

“Rute perlombaan itu sengaja disuguhkan panorama di Banyuwangi, pertunjukan kesenian tradisional, kunjungan ke objek wisata dan jamuan makan dengan sajian kuliner tradisional dan pesta rakyat dalam bentuk pementasan musik dan kesenian daerah,” katanya. Catra.com

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim