Jatim Bidik Ekspor Batik ke Venezuela

ilustrasi

Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) akan merespons tingginya peminat batik dari warga Venezuela dan mulai melakukan penjajakan ekspor. Remaja dan anak muda Venezuela mulai menggemari produk kerajinan batik khas daerah Jawa Timur. Menurut Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf, warga Venezuela saat ini sedang menggandrungi kerajinan batik asal Surabaya, Madura, Sidoarjo, dan Tuban. “Kami harus merespons peluang ini untuk meningkatkan ekspor Jatim,” katanya usai menerima Dubes Luar Biasa Indonesia untuk Venezuela Prianti Gagarin Djatmiko Singgih di Surabaya.
Saat ini, batik dari Jatim memiliki beragam motif khas daerah. Batik Surabaya misalnya, didominasi motif kembang semanggi, ayam jago, dan sawunggaling, sedangkan batik Sidoarjo dengan motif andalan beras utah, kembang bayem, dan kebun tebu, sementara batik tulis khas Madura bermotif nuansa cerah. Meski agak kasar, namun bukan murahan. suara karya online

Tulis Komentar

Silahkan isi nama, email serta komentar Anda. Namun demikian Anda tidak perlu khawatir, email Anda tidak akan dipublikasikan. Harap gunakan bahasa atau kata-kata yang santun. Terima kasih atas partisipasi Anda.





© Copyright 2019. Bappeda Provinsi Jawa Timur. Kembali ke atas | Kontak Kami | RSS Feed
Created & Design by IT Support Bappeda Jatim